Analisis Respons Siswa Terhadap Implementasi Metode Feynman Dalam Pembelajaran Fisika Materi Impuls, Momentum, dan Tumbukan

Authors

  • Yohanes Sudarmo Dua Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Nusa Nipa
  • Maria Desiratna Aseng Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Nusa Nipa
  • Agustina Elizabeth Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6991

Abstract

Sebutan Metode Feynman merujuk pada metode belajar yang diusulkan oleh fisikawan Amerika dan pemenang nobel fisika tahun 1965, Richard Feynman. Metode ini diklaim sebagai cara belajar yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas belajar siswa. Meski demikian, masih sangat jarang dijumpai penerapan metode ini dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yang bertujuan untuk mengetahui respons siswa terhadap penerapan metode Feynman dalam pembelajaran Fisika materi Impuls, Momentum dan Tumbukan. Respons siswa diperoleh lewat data yang dikumpulkan dengan menggunakan angket dan wawancara. Hasil respons siswa menunjukan bahwa lebih dari 50%  siswa menyatakan setuju atau sangat setuju bahwa penerapan metode Feynman dapat membantu siswa dalam memahami materi yang dipelajari, menyelesaikan latihan soal yang diberikan, meningkatkan minat belajar dan melatih keterampilan berkomunikasi siswa. Dampak paling mencolok dari penerapan metode Feynman yaitu bahwa metode ini berperan secara signifikan dalam melatih keterampilan berkomunikasi siswa.

Downloads

Published

2022-09-23

How to Cite

Dua, . . Y. S. ., Aseng, M. D. ., & Elizabeth, A. . (2022). Analisis Respons Siswa Terhadap Implementasi Metode Feynman Dalam Pembelajaran Fisika Materi Impuls, Momentum, dan Tumbukan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2467–2476. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6991