Analisis Respons Siswa Terhadap Implementasi Metode Feynman Dalam Pembelajaran Fisika Materi Impuls, Momentum, dan Tumbukan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6991Abstract
Sebutan Metode Feynman merujuk pada metode belajar yang diusulkan oleh fisikawan Amerika dan pemenang nobel fisika tahun 1965, Richard Feynman. Metode ini diklaim sebagai cara belajar yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas belajar siswa. Meski demikian, masih sangat jarang dijumpai penerapan metode ini dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yang bertujuan untuk mengetahui respons siswa terhadap penerapan metode Feynman dalam pembelajaran Fisika materi Impuls, Momentum dan Tumbukan. Respons siswa diperoleh lewat data yang dikumpulkan dengan menggunakan angket dan wawancara. Hasil respons siswa menunjukan bahwa lebih dari 50% siswa menyatakan setuju atau sangat setuju bahwa penerapan metode Feynman dapat membantu siswa dalam memahami materi yang dipelajari, menyelesaikan latihan soal yang diberikan, meningkatkan minat belajar dan melatih keterampilan berkomunikasi siswa. Dampak paling mencolok dari penerapan metode Feynman yaitu bahwa metode ini berperan secara signifikan dalam melatih keterampilan berkomunikasi siswa.Downloads
Published
2022-09-23
How to Cite
Dua, . . Y. S. ., Aseng, M. D. ., & Elizabeth, A. . (2022). Analisis Respons Siswa Terhadap Implementasi Metode Feynman Dalam Pembelajaran Fisika Materi Impuls, Momentum, dan Tumbukan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2467–2476. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6991
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yohanes Sudarmo Dua , Maria Desiratna Aseng , Agustina Elizabeth
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).