Rekonstruksi Nilai-nilai Pendidikan dan Peradaban Islam di Titik Nol Barus

Authors

  • Indra Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • M. Hatta Azwar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Richa Ardelila Hutabarat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Ainun Ainun Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Yusril Mahendra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6957

Abstract

Barus adalah Kota Bertuah yang menyimpan sejarah, dahulunya kota rempah tujuan Musafir Jazirah dan menjadi tumpuan tijarah (dagang) rempah laksana kota berkah melimpah. Artikel ini bertujuan untuk menganalisa rekonstruksi nilai-nilai pendidikan dan peradaban Islam di titik nol Barus. Kajian ini menggunakan penelitian histori (sejarah) dengan pendekatan bibliografi. Adapun teknik penelitian menggunakan observasi (makam papan tinggi Barus, makam mahligai, tugu titik nol peradaban Islam), wawancara kepada informan (Dr. Abdusima Nasution, M.A., Pendeta Sahat Simatupang dan Darmansyah Nasution). Hasil penelitian ini menemukan bahwa Barus ialah salah satu tempat penyebaran awal mulanya Islam di Indonesia, dengan dibuktikan adanya argumentasi pada masa klasik mengenai penyebaran Islam tersebut yang diperkuat digunakan dengan adanya ahli Arkeologis dari dalam maupun luar negeri. Dalam metode klasik yang digunakan dalam menentukan keabsahan penyebaran Islam tersebut ialah Sejarah yang berasal dari bercerita mulut ke mulut (Oral history), sejarah yang berasal dari tulisan ilmiah (Literatur history), dan kombinasi dari kedua metode itu, yakni kombinasi dari keduanya (Sintesis history). Selain itu. mengenai rekonstruksi peradaban nilai-nilai di Barus, dibuktikan adanya peninggalan monumen bersejarah seperti: Makam Papan Tinggi dan Makam Mahligai.

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Harahap, I. ., Azwar, M. H. ., Hutabarat, R. A. ., Ainun, A. ., & Mahendra, Y. . (2022). Rekonstruksi Nilai-nilai Pendidikan dan Peradaban Islam di Titik Nol Barus. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2363–2369. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6957

Most read articles by the same author(s)