Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Dwi Harmita Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Fina Sofiana Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Alfauzan Amin Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6932

Abstract

Starategi   pembelajaran      memegang   peranan   penting   dalam menentukan keberhasilan pendidikan dan pembentukan  pribadi peserta didik secara utuh dan menyeluruh. Strategi    Pembelajaran  Pendidikan  agama  Islam  (PAI)    sangat  berpengaruh  dalam proses   pembelajaran. Strategi  pembelajaran  yang diterapkan  oleh  seorang  guru  harus  tepat  dengan kondisi  dan  kebutuhan  siswa.  Kondisi  lingkungan  dan  profesionalisme  Guru  dalam pendidikan  Islam  mempengaruhi  strategi  dan  model  pembelajaran  Islam  diterapkan untuk  siswa.  Tanpa adanya strategi yang tepat maka proses pembelajaran tidak akan berjalan  secara  efektif  dan  efisien.  Oleh karna  itu,  guru  sebagai  ujung  tombaknya pendidikan  memiliki  peran  yang  penting  dalam  proses  pembelajaran. Inovasi pembelajaran adalah pembelajaran yang didesain oleh guru atas dasar dorongan atau gagasan baru untuk melakukan langkah-langkah dalam menguasai pembelajaran dengan metode maupun teknik baru, sehingga diperoleh cara atau metode yang dapat membuat peserta didik antusias dalam belajar. Pembelajaran yang inovatif pembelajaran yang dikemas oleh guru yang merupakan wujud dari gagasan atau ide yang dipandang baru agar mampu memaksimalkan hasil belajar peserta didik serta minat dalam memperoleh kemajuan belajar.

Downloads

Published

2022-09-19

How to Cite

Harmita, . D. ., Sofiana, F. ., & Amin, A. . (2022). Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2195–2204. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6932

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2