Analisis Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas III di SDN Karawaci Baru 4

Authors

  • Febi Ria Valentina Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Asih Rosnaningsih Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nurul Muttaqien Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6919

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas III di SDN Karawaci Baru 4. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas III B SDN Karawaci Baru 4 sebanyak 24 siswa. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dari 24 siswa terdapat 14 siswa dengan minat belajar yang sangat tinggi, 9 siswa dengan minat belajar tinggi, dan 1 siswa dengan minat belajar cukup. Secara keseluruhan minat belajar siswa kelas III di SDN Karawaci Baru 4 sudah mampu dalam memenuhi indikator. Untuk mengetahui minat belajar siswa yaitu dapat diukur dari seberapa tertariknya siswa pada mata pelajaran yang dipelajarinya (Ketertarikan untuk Belajar), lalu bagaimana perhatiannya di kelas saat guru sedang menjelaskan (Perhatian), kemudian adanya motivasi atau dorongan dari diri sendiri atau orang lain (Motivasi), selanjutnya sesorang yang memiliki minat dalam belajar ia akan mengerti manfaat pelajaran yang sedang dipelajarinya seperti siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru dan siswa mampu menjelaskan kembali materi yang diajarkan (Pengetahuan).

Downloads

Published

2022-09-19

How to Cite

Valentina, F. R. ., Rosnaningsih, . A. ., & Muttaqien, N. . (2022). Analisis Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas III di SDN Karawaci Baru 4. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2112–2124. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6919