Analisis Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas III di SDN Karawaci Baru 4
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6919Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas III di SDN Karawaci Baru 4. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas III B SDN Karawaci Baru 4 sebanyak 24 siswa. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dari 24 siswa terdapat 14 siswa dengan minat belajar yang sangat tinggi, 9 siswa dengan minat belajar tinggi, dan 1 siswa dengan minat belajar cukup. Secara keseluruhan minat belajar siswa kelas III di SDN Karawaci Baru 4 sudah mampu dalam memenuhi indikator. Untuk mengetahui minat belajar siswa yaitu dapat diukur dari seberapa tertariknya siswa pada mata pelajaran yang dipelajarinya (Ketertarikan untuk Belajar), lalu bagaimana perhatiannya di kelas saat guru sedang menjelaskan (Perhatian), kemudian adanya motivasi atau dorongan dari diri sendiri atau orang lain (Motivasi), selanjutnya sesorang yang memiliki minat dalam belajar ia akan mengerti manfaat pelajaran yang sedang dipelajarinya seperti siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru dan siswa mampu menjelaskan kembali materi yang diajarkan (Pengetahuan).Downloads
Published
2022-09-19
How to Cite
Valentina, F. R. ., Rosnaningsih, . A. ., & Muttaqien, N. . (2022). Analisis Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas III di SDN Karawaci Baru 4. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2112–2124. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6919
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Febi Ria Valentina, Asih Rosnaningsih, Nurul Muttaqien
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).