Kegiatan Tahfidz Sebagai Wujud dalam Membentuk Karakter Anak yang Cinta Alquran dan Berakhlakul Karimah di MI Mambaul Hikmah Tegal
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6917Abstract
Manajemen Berbasis Sekolah sangat diperlukan bagi sekolah khususnya MI, karena dengan adanya MBS sekolah ikut berperan andil dalam pengambilan keputusan, perencanaan program-program demi kemajuan sekolah di masa depan serta adanya keterlibatan antara guru, orang tua maupun masyarakat sekitar yang berperan aktif melalui sumbangsihnya untuk meningkatkan mutu sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengertian tahfidz quran, kegiatan tahfidz quran di MI Mambaul Hikmah Tegal dan mengetahui penerapan MBS di MI Mambaul Hikmah Tegal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, pustaka dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Program pendidikan menghafal Al-Quran di MI Mambaul Hikmah Tegal adalah dengan menerapkan mutqin (hafalan yang kuat) terhadap lafazh-lafazh Al-Quran dan menghafal makna-maknanya dengan kuat sehingga memudahkan untuk menerapkan dan mengamalkannya. 2. Kegiatan Tahfidz yang dilakukan di MI mambaul hikmah guna menciptakan generasi yang cinta Alquran dan berakhlakul karimah adalah dengan metode pembiasaan ketika sholat dhuha masuk kelas, berdoa dan mengaji juz amma dengan binadzor bersama-sama 5 surat. Dilanjutkan dengan metode hafalan dimana anak-anak maju satu per satu untuk setoran yang sudah di hafalkan dari rumah. 3. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang demokratis, mengedepankan dan menerapkan manajemen kurikulum, sarana dan prasarana, pendidik yang berkualitas hafidz/hafidzah, manajemen keuangan yang transparan menjadi kunci kesuksesan kegiatan tahfidz sebagai wujud dalam membentuk karakter anak yang cinta alquran dan berakhlakul karimah di mi mambaul hikmah Tegal.Downloads
Published
2022-09-19
How to Cite
Rakhmawati, E. . (2022). Kegiatan Tahfidz Sebagai Wujud dalam Membentuk Karakter Anak yang Cinta Alquran dan Berakhlakul Karimah di MI Mambaul Hikmah Tegal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2104–2111. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6917
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eni Rakhmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).