Pengaruh Penggunaan Model Dispersi Imajinasi terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas VII SMP Nasrani 2 Medan T.A 2021/2022

Authors

  • Lesnaria Br Girsang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Beslina Afriani Siagian Universitas HKBP Nommensen Medan
  • P Jamaluddin Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6896

Abstract

  Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model dispersi imajinasi terhadap keterampilan siswa menulis cerita pendek kelas VII SMP Nasrani 2 Medan tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis teks observasi siswa. Dalam memperoleh data, instrument yang digunakan adalah tes penugasan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil nilai pretest siswa sebelum menggunakan model dispersi imajinasi bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 48,19 sedangkan, hasil nilai posttest siswa sudah menggunakan model dispersi imajinasi menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 73,32. Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh harga thitung  = 29,46 sedangkan nilai ttabel = 1,69  pada taraf signifikan adalah 1,69. Oleh sebab itu, diperoleh thitung > ttabel (29,46 > 1,69). Maka hipotetis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model dispersi imajinasi efektiif digunakan sebagai metode pembelajaran siswa dalam menulis cerita pendek kelas VII SMP Nasrani 2  Medan.

Downloads

Published

2022-09-18

How to Cite

Girsang, L. B. ., Siagian, B. A. ., & Sitorus, P. J. . (2022). Pengaruh Penggunaan Model Dispersi Imajinasi terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas VII SMP Nasrani 2 Medan T.A 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2004–2021. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6896