Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Dhyana Pura Saat Melaksanakan Metode Hybrid Learning

Authors

  • I Gusti Ayu Putu Prisintya Devi Universitas Dhyana Pura
  • I Gede Dhika Widarnandana Universitas Dhyana Pura
  • I Rai Hardika Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6837

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa semester enam Universitas Dhyana Pura saat melaksanakan metode hybrid learning. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga mahasiswa semester enam Universitas Dhyana Pura yang sedang mengikuti pembelajaran hybrid learning sambil melaksanakan praktikum atau training yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Setiap subjek menggunakan satu informan yang memiliki hubungan baik dan dekat dengan subjek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumenasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar motivasi belajar ketiga mahasiswa saat melaksanakan metode hybrid learning timbul secara intrinsik yaitu lebih memperhatikan dengan seksama, mematuhi peraturan selama proses belajar, lebih percaya diri, ada rasa ingin tahu dengan mencari referensi selain yang diberikan dosen, aktif mengajukan pertanyaan, mampu menjawab dan menyelesaikan tugas, mampu belajar mandiri, mempunyai kesiapan diri untuk menjawab dan mengerjakan tugas, selalu masuk sesuai jadwal serta mudah berinteraksi. Sedangkan motivasi belajar yang ditimbulkan secara ekstrinsik oleh ketiga subjek yaitu adanya dukungan fasilitas yang memadai dan kelihaian dosen dalam mempergunakan fasilitas.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Devi, I. G. A. P. P. ., Widarnandana, I. G. D. ., & Hardika, . I. R. . (2022). Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Dhyana Pura Saat Melaksanakan Metode Hybrid Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1651–1659. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6837