Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Dhyana Pura Saat Melaksanakan Metode Hybrid Learning
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6837Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa semester enam Universitas Dhyana Pura saat melaksanakan metode hybrid learning. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga mahasiswa semester enam Universitas Dhyana Pura yang sedang mengikuti pembelajaran hybrid learning sambil melaksanakan praktikum atau training yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Setiap subjek menggunakan satu informan yang memiliki hubungan baik dan dekat dengan subjek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumenasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar motivasi belajar ketiga mahasiswa saat melaksanakan metode hybrid learning timbul secara intrinsik yaitu lebih memperhatikan dengan seksama, mematuhi peraturan selama proses belajar, lebih percaya diri, ada rasa ingin tahu dengan mencari referensi selain yang diberikan dosen, aktif mengajukan pertanyaan, mampu menjawab dan menyelesaikan tugas, mampu belajar mandiri, mempunyai kesiapan diri untuk menjawab dan mengerjakan tugas, selalu masuk sesuai jadwal serta mudah berinteraksi. Sedangkan motivasi belajar yang ditimbulkan secara ekstrinsik oleh ketiga subjek yaitu adanya dukungan fasilitas yang memadai dan kelihaian dosen dalam mempergunakan fasilitas.Downloads
Published
2022-09-15
How to Cite
Devi, I. G. A. P. P. ., Widarnandana, I. G. D. ., & Hardika, . I. R. . (2022). Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Dhyana Pura Saat Melaksanakan Metode Hybrid Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1651–1659. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6837
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 I Gusti Ayu Putu Prisintya Devi, I Gede Dhika Widarnandana, I Rai Hardika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).