Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI Wilayah Binaan I Kecamatan Penjaringan

Authors

  • Irsan Irsan MPDR Universitas Terbuka,
  • Gusti Yarmi MPDR Universitas Terbuka, Indonesia
  • Sardjijo Sardjijo MPDR Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6819

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa secara parsial maupun simultan. Definisi hasil belajar dalam penelitian ini adalah perolehan dari proses belajar siswa sesuai dengan tujuan pengajaran pada ranah kognitif yang meliputi aspek C1 (remember), C2 (understand), dan C3 (applying). Pola asuh orang tua adalah cara atau perlakuan dari orang tua (ayah dan ibu) dalam menjaga, membimbing, dan mendidik seorang anak dalam keluarga. Motivasi belajar adalah dorongan atau kekuatan mental yang mendorong, menggerakkan, dan mengarahkan siswa untuk belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI dengan jumlah 100 siswa. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa dengan menyumbangkan kontribusi sebesar 21,225%, (2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa dengan menyumbangkan kontribusi sebesar 29,7976%, (3) Pola asuh orang tua dan motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa dengan menyumbangkan kontribusi sebesar 51,02%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi sekolah yang ingin mendapatkan hasil belajar IPS siswa maksimal.

Downloads

Published

2022-09-13

How to Cite

Irsan, I., Yarmi, G. ., & Sardjijo, S. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI Wilayah Binaan I Kecamatan Penjaringan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1576–1584. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6819