Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI Wilayah Binaan I Kecamatan Penjaringan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6819Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa secara parsial maupun simultan. Definisi hasil belajar dalam penelitian ini adalah perolehan dari proses belajar siswa sesuai dengan tujuan pengajaran pada ranah kognitif yang meliputi aspek C1 (remember), C2 (understand), dan C3 (applying). Pola asuh orang tua adalah cara atau perlakuan dari orang tua (ayah dan ibu) dalam menjaga, membimbing, dan mendidik seorang anak dalam keluarga. Motivasi belajar adalah dorongan atau kekuatan mental yang mendorong, menggerakkan, dan mengarahkan siswa untuk belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI dengan jumlah 100 siswa. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa dengan menyumbangkan kontribusi sebesar 21,225%, (2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa dengan menyumbangkan kontribusi sebesar 29,7976%, (3) Pola asuh orang tua dan motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa dengan menyumbangkan kontribusi sebesar 51,02%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi sekolah yang ingin mendapatkan hasil belajar IPS siswa maksimal.Downloads
Published
2022-09-13
How to Cite
Irsan, I., Yarmi, G. ., & Sardjijo, S. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI Wilayah Binaan I Kecamatan Penjaringan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1576–1584. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6819
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Irsan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).