Pengaruh Model Siklus Belajar Berbasis Media KAKLI (Kartu Kuartet Literasi) Pada Materi Atmosfer Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar

Authors

  • Atikah Hasanah Universitas Riau
  • M. Jaya Adi Putra Universitas Riau
  • Muhammad Fendrik Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6805

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mencari perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan perlakuan model siklus belajar berbasis media KAKLI (kartu kuartet literasi) pada materi atmosfer dengan siswa yang hanya mendapat perlakuan dengan pembelajaran ceramah di SDN 56 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sample penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setiap kelas akan diberikan pretest sebelum diberikan perlakuan dan mendapatkan posttest setelah mendapatkan perlakuan penggunaan model siklus belajar berbasis media KAKLI (kartu kuartet literasi) pada materi atmosfer. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa terdapat pengaruh  model siklus belajar berbasis media KAKLI (kartu kuartet literasi) pada materi atmosfer terhadap hasil belajar siswa di SDN 56 Pekanbaru  dengan nilai signifikasi yaitu 0,000 < 0,05 dengan  rata-rata kelas eksperimen  memperoleh rata-rata pretest 51,8 dan rata-rata posttest 85,8 sedangkan kelas kontrol mendapatkan rata-rata pretest 46,0 dan rata-rata posttest 57,0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model siklus belajar berbasis media KAKLI (kartu kuartet literasi) pada materi atmosfer terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol.

Downloads

Published

2022-09-13

How to Cite

Hasanah, A., Putra, M. J. A. ., & Fendrik, M. . (2022). Pengaruh Model Siklus Belajar Berbasis Media KAKLI (Kartu Kuartet Literasi) Pada Materi Atmosfer Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1523–1531. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6805

Most read articles by the same author(s)