Analisis Pencapaian Peran Wanita dan Entrepreneurial Marketing terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah di Jepara
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6795Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting bagi ekonomi Indonesia, tidak hanya menjadi tulang punggung dalam menggerakkan roda ekonomi, akan tetapi UMKM juga berperan sebagai pencipta lapangan kerja, keberlanjutan ekonomi, dan inovasi. Pendekatan pemasaran dengan menggunakan entrepreneurial marketing, merupakan pendekatan yang tepat yang bisa diterapkan pada UMKM, Entrepreneurial marketing dapat membuat UMKM lebih terarah sesuai dengan tujuan apa yang telah ditetapkan. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis transformasi indeks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik wanita wirausaha secara umum memiliki tingkat pendidikan menengah atas, mayoritas responden berada, pencapaian peran wanita dalam mengelola usaha konfeksi di Desa Sendang Kecamatan Kalinyamat dan Desa Pancur Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara secara umum mencapai 78.14%. Pencapaian tersebut menunjukkan bahwa kemampuan peran wanita dalam menjalankan usaha konfeksi sudah baik. Pencapaian entrepreneurial marketing secara umum mencapai 83.19%. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan Entrepreneurial Marketing oleh wanita wirausaha sudah sangat baik. Kemampuan ini mampu memberikan peluang pada UMKM agar usaha konfeksi dapat berkembang di kemudian hari. Pencapaian dalam pengembangan usaha mencapai 63.69%. Pencapaian tersebut menggambarkan bahwa kemampuan pengembangan usaha yang dimiliki oleh para pelaku usaha cukup baik. Hal ini mengindikasikan bahwa UMKM belum memiliki rencana pengembangan usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas.Downloads
Published
2022-09-12
How to Cite
Nasihin, A. K. ., Sarma, M. ., & Munandar, J. M. . (2022). Analisis Pencapaian Peran Wanita dan Entrepreneurial Marketing terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah di Jepara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1473–1481. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6795
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Khoirun Nasihin, Ma'mun Sarma, Jono M. Munandar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).