"Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Program Corporate Sosial Responsibility (CSR) UKM Madu Klenceng Sugihwaras Education Family PT Pertamina Patra Niaga DPPU Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II"

Authors

  • Ayu Nirmala Lutfie Syarief Universitas Lampung
  • Tubagus Hasanuddin Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6794

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung nilai indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan CSR PT Pertamina DPPU Sultan Mahmud Badaruddin II, mengidentifikasi kategori nilai indikator kepuasan masyarakat dan mendeskripsikan rekomendasi peningkatan layanan CSR PT Pertamina. DPPU Sultan Mahmud Badaruddin II. Penelitian ini dilaksanakan pada UKM Madu Klanceng Sugihwaras Education Family Lokasi kegiatan survey indeks kepuasan masyarakat dilakukan di daerah Talang Jambe, Sumatera selatan. Responden di talang jambe yang mengajukan informasi dalam periode waktu bulan Agustus 2022. Variabel penelitian yang digunakan pada penelitian ini berasal dari unsur dasar pengukuran indeks kepuasan masyarakat menyesuaikan dengan Peraturan Menteri PAN-RB No. 14 Tahun 2017.  Adapun variabel yang digunakan terdiri dari kesesuaian program dengan kondisi wilayah, infrastruktur meliputi kesiapan sarana dan prasarana, kualitas produk, biaya, dan tarif, kepuasan masyarakat dengan pelayanan pihak pengelolah, potensi keberlanjutan bisnis, sumber daya manusia dalam pengembangan bisnis, dan inovasi pengembangan bisnis budidaya madu klanceng. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan CSR PT Pertamina DPPU Sultan Mahmud Badaruddin II program budidaya madu klanceng sebesar 70. Keseluruhan nilai indikator telah berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis survei, maka dapat ditarik rekomendasi peningkatan layanan CSR PT Pertamina DPPU Sultan Mahmud Badaruddin II program budidaya madu klanceng sebagai berikut:  Peningkatan dan perbaikan layanan sarana dan prasarana, peningkatan layanan sumber daya manusia, pengembangan dalam kualitas produk, biaya, dan tarif dengan pemanfaatan teknologi  yang efisien dan harga yang terjangkau., peningkatan pelayanan dari pihak pengelola dalam meningkatkan minat masyarakat,dan pemberian inovasi pengembangan bisnis budidaya madu klanceng.

Downloads

Published

2022-09-12

How to Cite

Syarief, . A. N. L., & Hasanuddin, T. . (2022). "Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Program Corporate Sosial Responsibility (CSR) UKM Madu Klenceng Sugihwaras Education Family PT Pertamina Patra Niaga DPPU Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II". Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1464–1472. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6794