"Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Program Corporate Sosial Responsibility (CSR) UKM Madu Klenceng Sugihwaras Education Family PT Pertamina Patra Niaga DPPU Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II"
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6794Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghitung nilai indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan CSR PT Pertamina DPPU Sultan Mahmud Badaruddin II, mengidentifikasi kategori nilai indikator kepuasan masyarakat dan mendeskripsikan rekomendasi peningkatan layanan CSR PT Pertamina. DPPU Sultan Mahmud Badaruddin II. Penelitian ini dilaksanakan pada UKM Madu Klanceng Sugihwaras Education Family Lokasi kegiatan survey indeks kepuasan masyarakat dilakukan di daerah Talang Jambe, Sumatera selatan. Responden di talang jambe yang mengajukan informasi dalam periode waktu bulan Agustus 2022. Variabel penelitian yang digunakan pada penelitian ini berasal dari unsur dasar pengukuran indeks kepuasan masyarakat menyesuaikan dengan Peraturan Menteri PAN-RB No. 14 Tahun 2017. Adapun variabel yang digunakan terdiri dari kesesuaian program dengan kondisi wilayah, infrastruktur meliputi kesiapan sarana dan prasarana, kualitas produk, biaya, dan tarif, kepuasan masyarakat dengan pelayanan pihak pengelolah, potensi keberlanjutan bisnis, sumber daya manusia dalam pengembangan bisnis, dan inovasi pengembangan bisnis budidaya madu klanceng. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan CSR PT Pertamina DPPU Sultan Mahmud Badaruddin II program budidaya madu klanceng sebesar 70. Keseluruhan nilai indikator telah berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis survei, maka dapat ditarik rekomendasi peningkatan layanan CSR PT Pertamina DPPU Sultan Mahmud Badaruddin II program budidaya madu klanceng sebagai berikut: Peningkatan dan perbaikan layanan sarana dan prasarana, peningkatan layanan sumber daya manusia, pengembangan dalam kualitas produk, biaya, dan tarif dengan pemanfaatan teknologi yang efisien dan harga yang terjangkau., peningkatan pelayanan dari pihak pengelola dalam meningkatkan minat masyarakat,dan pemberian inovasi pengembangan bisnis budidaya madu klanceng.Downloads
Published
2022-09-12
How to Cite
Syarief, . A. N. L., & Hasanuddin, T. . (2022). "Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Program Corporate Sosial Responsibility (CSR) UKM Madu Klenceng Sugihwaras Education Family PT Pertamina Patra Niaga DPPU Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II". Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1464–1472. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6794
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ayu Nirmala Lutfie Syarief, Tubagus Hasanuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).