Pelatihan Branding dan Digital Marketing UMKM Binaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Authors

  • Rizqon Jamil Farhas Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.6789

Abstract

Seperti yang diketahui bahwa mayoritas UMKM di Kota Pekanbaru belum mampu memahami membangun brand usaha, hal ini dikarenakan masih kurangnya pemahaman UMKM terhadap brand, bahkan tidak sedikit UMKM yang tidak peduli akan pentingnya sebuah brand, persepsi para pelaku usaha masih terbatas pada merek produk, selain persoalan brand usaha, UMKM juga masih belum memahami secara utuh tentang Digital Branding dan penerapannya dalam mengembangkan usaha, padahal, sejatinya dizaman teknologi dan industri 4.0 ini UMKM dapat memanfatkan teknologi digital dalam pengembangan usaha. Beberapa UMKM hanya menggunakan pemasaran sederhana dalam strategi memasarkan produknya, yaitu dengan menitip produk-produk mereka ke toko-toko. Kegiatan pelatihan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman yang lebih luas kepada UMKM binaan Universitas Pahlawan yang ada di Kota Pekanbaru dalam membangun usaha melalui Branding dan Digital Marketing, UMKM diharapkan mampu mengaplikasikan strategi-strategi dalam membangun brand, dan menerapkan digital marketing untuk memperluas pangsa pasar. Penelitian ini menggunakan metode ceramah/diskusi materi terkait dengan Branding dan Digital Marketing.. Hasil penelitian ini dinilai sangat memberikan manfaat bagi UMKM, para pelaku usaha mulai membangun brand image dari usaha yang dimiliki, perkembangan positif lainnya adalah UMKM binaan sudah mulai terbiasa menggunakan teknologi informasi sebagai media promosi produk-produk yang mereka tawarkan ke konsumen. Dengan demikian terjadi peningatan omset dan perluasan pasar seperti yang telah diharapakan sebelumnya. Kedepan, akan ada program-program pelatihan dari berbagai aspek lainnya seperti aspek keuangan, produksi serta pelatihan Manajemen Sumber Daya Manusia.

Downloads

Published

2021-02-25

How to Cite

Farhas , . R. J. . (2021). Pelatihan Branding dan Digital Marketing UMKM Binaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 122–126. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.6789

Issue

Section

Articles