Pelatihan Branding dan Digital Marketing UMKM Binaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.6789Abstract
Seperti yang diketahui bahwa mayoritas UMKM di Kota Pekanbaru belum mampu memahami membangun brand usaha, hal ini dikarenakan masih kurangnya pemahaman UMKM terhadap brand, bahkan tidak sedikit UMKM yang tidak peduli akan pentingnya sebuah brand, persepsi para pelaku usaha masih terbatas pada merek produk, selain persoalan brand usaha, UMKM juga masih belum memahami secara utuh tentang Digital Branding dan penerapannya dalam mengembangkan usaha, padahal, sejatinya dizaman teknologi dan industri 4.0 ini UMKM dapat memanfatkan teknologi digital dalam pengembangan usaha. Beberapa UMKM hanya menggunakan pemasaran sederhana dalam strategi memasarkan produknya, yaitu dengan menitip produk-produk mereka ke toko-toko. Kegiatan pelatihan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman yang lebih luas kepada UMKM binaan Universitas Pahlawan yang ada di Kota Pekanbaru dalam membangun usaha melalui Branding dan Digital Marketing, UMKM diharapkan mampu mengaplikasikan strategi-strategi dalam membangun brand, dan menerapkan digital marketing untuk memperluas pangsa pasar. Penelitian ini menggunakan metode ceramah/diskusi materi terkait dengan Branding dan Digital Marketing.. Hasil penelitian ini dinilai sangat memberikan manfaat bagi UMKM, para pelaku usaha mulai membangun brand image dari usaha yang dimiliki, perkembangan positif lainnya adalah UMKM binaan sudah mulai terbiasa menggunakan teknologi informasi sebagai media promosi produk-produk yang mereka tawarkan ke konsumen. Dengan demikian terjadi peningatan omset dan perluasan pasar seperti yang telah diharapakan sebelumnya. Kedepan, akan ada program-program pelatihan dari berbagai aspek lainnya seperti aspek keuangan, produksi serta pelatihan Manajemen Sumber Daya Manusia.Downloads
Published
2021-02-25
How to Cite
Farhas , . R. J. . (2021). Pelatihan Branding dan Digital Marketing UMKM Binaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 122–126. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.6789
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rizqon Jamil Farhas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).