Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI Melalui Metode Debat Di MA Al Khoiriyah

Authors

  • Abdul Hafid Bahtiar STAI Muhammadiyah Kota Probolinggo
  • Abdul Mahfud STAI Muhammadiyah Kota Probolinggo
  • Ulil Hidayah STAI Muhammadiyah Kota Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6768

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan penalaranmayoritas peserta didik tergolong lemah.  Hal ini tercermin daripeserta didik yang masih kewalahan ketika mengutarakan pemikirannya, daya fikir yang masih rendah ketika hendak mengajukan pertanyaan, serta rumitnya pemecahan permasalahan dalam belajar. Kajian ini adalah berjenis PTK dengan tujuan untuk memperjelas tumbuhnyakeinginan belajar dengan metode debat. Subyekdari kajian yaitu siswa kelas XI MA Al-Khoiriyah. Hasilnya, terlihat bahwa penerapan metode debat dilakukan dalam tiga tahap. a) Sebelum tatap muka, b) Selama Fase Kehadiran, dan c) Fase Pasca Kehadiran. Kemudian, sebelum peneliti melakukan penelitian di dalam kelas. Peneliti terlebih dahulu membawa data siswa kepada guru penelitian fiqih sebagai bahan perbandingan hasil belajar sebelum siklus I dan siklus II. Siswa di kelas XI rata-rata hanya 50% sebelum menggunakan metode debat, yang artinya belum pada taraf kemahirannya. Pada siklus I, peneliti menggunakan metode debat, dan siswa mencapai nilai rata-rata 62,6%. Pada Siklus II, rata-rata nilai siswa mencapai 81,4%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan teknik debat dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran 5 kelas XI MA Al-Khoiriyah. Materi Fiqih MA Al-Khoiriyah berdasarkan hasil analisis data uji berpasangan teknik debat yang dapat meningkatkan kemampuan nalar dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-09-11

How to Cite

Bahtiar, . A. H. ., Mahfud, . A. ., & Hidayah, U. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI Melalui Metode Debat Di MA Al Khoiriyah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1283–1295. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6768