Pendekatan Konseling Kognitif-Realitas Dalam Upaya Mengembangkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X IS SMA Negeri 1 Bintan Timur
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.6765Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran sampai dimana keefektifan konseling kognitif-realitas dapat mengembangkan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin melalui dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data digunakan untuk menentukan hasil dari penelitian tersebut. Hasil penelitian sebelum tindakan, penyesuaian diri berada pada tingkatan tinggi 45,88%, sedang 22,56%, dan rendah 21,91%. Pada siklus I tindakan/perlakuan tidak berpengaruh terhadap sikap siswa, pada siklus II mempunyai pengaruh yang cukup signifikan dengan korelasi tinggi. Secara keseluruhan kedua siklus terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-tes, berada pada tingkat korelasi sedang, dan diperoleh kadar koefisien determinasi 15,58 %. Dengan demikian ada pengaruh dari perlakuan konseling kognitif-realitas terhadap pengembangan penyesuaian diri sebesar 15,58%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar perlakuan yang telah dilakukan oleh konselor.Downloads
Published
2022-06-30
How to Cite
Yuliati, D. (2022). Pendekatan Konseling Kognitif-Realitas Dalam Upaya Mengembangkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X IS SMA Negeri 1 Bintan Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2693–2698. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.6765
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Darlina Yuliati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).