Pendekatan Konseling Kognitif-Realitas Dalam Upaya Mengembangkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X IS SMA Negeri 1 Bintan Timur

Authors

  • Darlina Yuliati SMAN 1 Bintan Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.6765

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran sampai dimana keefektifan konseling kognitif-realitas dapat mengembangkan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin melalui dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data digunakan untuk menentukan hasil dari penelitian tersebut. Hasil penelitian sebelum tindakan, penyesuaian diri berada pada tingkatan tinggi  45,88%, sedang  22,56%, dan rendah 21,91%. Pada siklus I tindakan/perlakuan tidak berpengaruh terhadap sikap siswa, pada siklus II mempunyai pengaruh yang cukup signifikan dengan korelasi tinggi. Secara keseluruhan kedua siklus terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-tes, berada pada tingkat korelasi sedang, dan diperoleh kadar koefisien determinasi 15,58 %. Dengan demikian ada pengaruh dari perlakuan konseling kognitif-realitas terhadap pengembangan penyesuaian diri sebesar 15,58%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar perlakuan yang telah dilakukan oleh konselor.  

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Yuliati, D. (2022). Pendekatan Konseling Kognitif-Realitas Dalam Upaya Mengembangkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X IS SMA Negeri 1 Bintan Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2693–2698. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.6765