The Effect Of Speaking Ability By Using One Minute Talk Technique To The Tenthgrade Students Of SMA Sultan Iskandar Muda

Authors

  • Mega Yulia Sinaga Nommensen HKBP University Medan
  • Adetria Sinaga Nommensen HKBP University Medan
  • Fenty Napitupulu Nommensen HKBP University Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6758

Abstract

Dengan menggunakan teknik bicara satu menit, penelitian ini menyelidiki pengaruh keterampilan berbicara pada siswa kelas sepuluh di SMA Sultan Iskandar Muda Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah keterampilan berbicara memiliki pengaruh yang dapat dilihat dengan menggunakan teknik bicara satu menit. Desain penelitian kuantitatif eksperimental digunakan untuk penelitian ini, yang dilakukan di Sekolah Menengah Atas Sultan Iskandar Muda Medan di Sumatera Utara. 20 siswa yang dipilih secara acak dari 105 siswa yang terdaftar di kelas sepuluh di Sultan Iskandar Muda Medan merupakan populasi penelitian. Kelompok eksperimen dan kontrol sama-sama menggunakan prosedur sebelum dan sesudah tes. Tes ini tersedia sebagai penilaian lisan. Data uji dihitung dengan menggunakan rumus uji-t. Temuan menunjukkan bahwa mengambil pengobatan secara signifikan meningkatkan kinerja berbicara murid. Beberapa siswa mampu berbicara secara persuasif dan percaya diri ketika peneliti menerapkan Teknik One Minute Talk. Murid-murid ini didorong untuk berbicara dengan cepat dan bekerja keras untuk mengekspresikan diri. Nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen masing-masing adalah 45,65 dan 62,5. Skor post-test adalah 50.687 sedangkan rata-rata pre-test untuk kelas kontrol adalah 45. Akibatnya, penggunaan Teknik One Minute Talk sebagai cara baru untuk berlatih berbicara bahasa Inggris, terutama untuk bakat berbicara, adalah mungkin.

Downloads

Published

2022-09-11

How to Cite

Sinaga, . M. Y. ., Sinaga, A. ., & Napitupulu, . F. . (2022). The Effect Of Speaking Ability By Using One Minute Talk Technique To The Tenthgrade Students Of SMA Sultan Iskandar Muda. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1225–1231. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6758