The Role of Family Support on Academic Stress for The Grade-Eight Students Mediated By Stress Coping And Self-Efficacy
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6715Abstract
Dalam lingkungan akademik, terutama selama proses pembelajaran, prestasi akademik yang lebih baik atau buruk bergantung pada bukti dari berbagai faktor. Stres akademik merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini akan mencoba menyelidiki sejauh mana dukungan keluarga pada stres akademik yang dimediasi oleh mengatasi stres dan self-efficacy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memanfaatkan kuesioner untuk melakukan pengumpulan data. Kuesioner tersebut dirancang dan dikembangkan oleh peneliti dan telah divalidasi oleh ahli. Sejumlah 50 siswa dilibatkan dalam penelitian ini. Data diolah menggunakan SPSS edisi 26, dan dianalisis secara deskriptif untuk melihat apakah ada korelasi yang signifikan antara keempat konstruk yang digunakan. Temuan menunjukkan bahwa korelasi kuat ditemukan di antara variabel-variabel yang diuji berdasarkan nilai standar statistik; nilai-p < 0,01. Oleh karena itu, kami menyimpulkan bahwa ada kebutuhan untuk memperhatikan strategi intervensi yang menekankan pada self-efficacy, dukungan keluarga dan kontrol stres di kalangan pelajar sekolah menengah karena korelasi yang kuat terungkap pada stres akademik mereka.Downloads
Published
2022-09-09
How to Cite
Gunadi, A. ., & Sugiarti, R. . (2022). The Role of Family Support on Academic Stress for The Grade-Eight Students Mediated By Stress Coping And Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 790–799. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6715
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Andri Gunadi, Rini Sugiarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).