Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Pembelajaran Berbasis Project pada Mata Pelajaran IPA di Kelas 2 SDN Karang Tengah 6

Authors

  • Devie Anggraeny Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ferry Perdiansyah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Saktian Dwi Hartantri Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6708

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memperbaiki proses dan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dikatakan baik apabila sama dengan lebih besar dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditentukan sekolah. Dengan hasil belajar tersebut, kita dapat melihat kemajuan yang dimiliki siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan memperbaiki proses belajar mengajar di kelas 2 SDN Karang Tengah 6 memanfaatkan metode pembelajaran, dalam hal ini peneliti menggunakan metode pembelajaran berbasis project atau Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlokasi di SDN Karang Tengah 6 Kota Tangerang dengan subjek penelitian adalah 31 siswa kelas 2. Dalam menganalisis data hasil belajar siswa menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sudah mengalami peningkatan dari kondisi awal yaitu sebesar 57,5% yang mencapai nilai KKM. Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan lagi menjadi 95% mampu mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis project atau Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas 2 SDN Karang Tengah 6.

Downloads

Published

2022-09-09

How to Cite

Anggraeny, D., Perdiansyah, F., & Hartantri, . S. D. . (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Pembelajaran Berbasis Project pada Mata Pelajaran IPA di Kelas 2 SDN Karang Tengah 6. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 911–918. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6708