Sistem Pengelolaan Limbah Padat di Fasilitas Layanan Kesehatan: Systematic Review
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6705Abstract
Aktivitas layanan kesehatan di setiap fasilitas kesehatan menghasilkan berbagai macam limbah salah satunya adalah limbah padat. Hal ini mempunyai konsistensi perlunya pengelolaan limbah di fasilitas layanan kesehatan sebagai bagian dari kegiatan penyehatan lingkungan dan untuk melindungi masyarakat dari bahaya pencemaran lingkungan serta resiko infeski penyakit yang bersumber dari fasilitas layanan kesehatan. Oleh karena itu, tujuan utama dalam penulisan systematic review untuk mengetahui dan memahami sistem pengelolaan limbah non medis di fasilitas layanan kesehatan. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode Systematic Review. Dari hasil pencarian literatur melalui publikasi yaitu Google, Google Scholar, PubMed, Emerald Insight, menggunakan kata kunci “pengelolaan limbah non medis”, menemukan 51 jurnal yang sesuai kata kunci tersebut dengan jenis jurnal seperti International Journal of GEOMATE, International Journal of Environment and Pollution Research, Journal of Community Health, Journal of solid waste technology and management, Journal of Environment and Waste Management, Int. J. Environment and Waste Management, Int. J. Environ. Res. Public Health, Global NEST Journal, International Journal of Environmental Research and Public Health. Selanjutnya melakukan screening sesuai kriteria Inklusi dan Eksklusi mendapatkan 7 Artikel yang sesuai Judul. Hasil pencarian Artikel dari tahun 2010-2020 dan hasil yang diperoleh dari 7 Artikel yang dianalisis ditemukan bahwa saat ini, masih ditemukan buruknya pengelolaan limbah dari fasilitas pelayanan kesehatan terlihat mulai dari limbah itu dihasilkan, dikelola hingga pada saat pembuangan. Permasalahan pengelolaan limbah khususnya limbah padat medis menjadi masalah dan tantangan bagi setiap fasilitas pelayanan kesehatan yang ada baik di perkotaan maupun di pedesaan. Hal ini karena pengelolaan limbah medis membutuhkan biaya yang cukup besar dan aturan yang wajib dipenuhi oleh penghasil limbah sebagai syarat dari upaya pengelolaan yang ada. Saat ini, sering ditemukan pengelolaan limbah medis dari fasilitas pelayanan kesehatan masih dibawah standar khususnya negara-negara berkembang. Fasilitas layanan kesehatan harus mengelola limbah non medis dengan baik dari mulai pemilihan, penampungan, pengangkutan, hingga pemusnahannya. Jika tidak, akan berdampak terhadap petugas kesehatan, petugas pengelola limbah dan pasien baik dari aspek kesehatan maupun keselamatannya, selain itu juga berdampak terhadap lingkungan hidup.Downloads
Published
2022-09-09
How to Cite
Anatolia, L. ., & Bakta, I. M. . (2022). Sistem Pengelolaan Limbah Padat di Fasilitas Layanan Kesehatan: Systematic Review. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 881–893. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6705
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Levi Anatolia, I Made Bakta,
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).