Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Teks Deskriptif melalui Model Problem Based Learning di kelas VII SMPN 5 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat

Authors

  • Yusril Yusril Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Koto Balingka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6675

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan model Problem Based Learning di Kelas VII SMPN 5 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik  kelas VII SMPN 5 Koto Balingka, yang berjumlah 34 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi peserta didik , lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi guru dan peserta didik selama proses pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan model  Problem Based Learning diperoleh persentase hasil pengamatan aspek guru pada siklus I 63,5%. Sedangkan pada siklus II 77,33%. Dari aspek peserta didik siklus I diperoleh persentase 59,33%. Sedangkan pada siklus II 77,33%. Hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik  kelas VII SMPN 5 Koto Balingka pada siklus I diperoleh 70,85 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik  pada pembelajaran Bahasa Inggris.         .

Downloads

Published

2022-09-08

How to Cite

Yusril, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Teks Deskriptif melalui Model Problem Based Learning di kelas VII SMPN 5 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 736–744. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6675