Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Teks Deskriptif melalui Model Problem Based Learning di kelas VII SMPN 5 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6675Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan model Problem Based Learning di Kelas VII SMPN 5 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 5 Koto Balingka, yang berjumlah 34 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi peserta didik , lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi guru dan peserta didik selama proses pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan model Problem Based Learning diperoleh persentase hasil pengamatan aspek guru pada siklus I 63,5%. Sedangkan pada siklus II 77,33%. Dari aspek peserta didik siklus I diperoleh persentase 59,33%. Sedangkan pada siklus II 77,33%. Hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik kelas VII SMPN 5 Koto Balingka pada siklus I diperoleh 70,85 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Inggris. .Downloads
Published
2022-09-08
How to Cite
Yusril, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Teks Deskriptif melalui Model Problem Based Learning di kelas VII SMPN 5 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 736–744. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6675
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yusril
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).