Peran Ruang Baca Virtual (RBV) di Masa Pandemi Covid 19: Guna Mendukung Kebijakan Kampus Merdeka pada Perguruan Tinggi Jarak Jauh
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6644Abstract
Indonesia menerapkan status kejadian luar biasa (KLB) pada tahun 2020, hal tersebut disebabkan adanya pandemi covid-19. Pandemi covid-19 berdampak pada semua sektor, tanpa terkecuali sektor pendidikan. Universitas Terbuka sebagai lembaga pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh selalu berusaha memberikan pelayanan pendidikan walaupun di masa KLB. Universitas Terbuka merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang mendukung kebijakan KLB yang dicanangkan pemerintah. Universitas Terbuka dengan slogannya sebagai Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ), telah memiliki pengalaman dalam pelaksanaan pembelajaran daring (jarak jauh). Saat ini peran UT hanya menyediakan akses bagi pihak luar dalam hal ini Dosen, mahasiswa, atau masyarakat umum untuk mengakses bantuan belajar dalam format Ruang Baca Virtual (RBV). Dikarenakan menggunakan format single sign on (satu akses untuk semua user) sehingga menyulitkan UT untuk dapat mengetahui pihak masyarakat umum yang sudah menggunakan RBV UT, oleh sebab itu penelitian ini hanya membatasi sejauh mana RBV yang paling banyak diakses, waktu akses, paling sedikit, dll. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengumpulan data Kuantitatif-deskriptif.Downloads
Published
2022-09-07
How to Cite
Hayati, N. ., Arif, E. ., Nurhayati, S. ., & Juniadi, D. . (2022). Peran Ruang Baca Virtual (RBV) di Masa Pandemi Covid 19: Guna Mendukung Kebijakan Kampus Merdeka pada Perguruan Tinggi Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 533–539. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6644
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nur Hayati,Erman Arif, Syafiqoh Nurhayati, Dedy Juniadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).