Penggunaan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Wonggeduku
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6625Abstract
Penelitian ini berdasarkan dari latar belakang permasalahan yang ada pada siswa, dimana untuk meningkatkan kemampuan menulis haruslah menggunakan model pembelajaran yang baik. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 2 (siswa laki-laki:12 orang dan siswa perempuan:23 orang) dengan menggunakan teknik purposive sampling tahun ajaran 2021/2022. Pre Experimental desain digunakan dalam penelitian ini yang mana hanya terdiri dari satu kelas pada pre dan post tes. SPSS versi 24.0, digunakan dalam menganalisis data penelitian ini. Instrumen penelitian ini adalah tugas menulis Teks Laporan Hasil Observasi, sebanyak 3-5 lembar. Rubrik penilaian pada pembelajaran teks laporan hasil observasi; isi tulisan, struktur teks, kosakata, kalimat, dan mekanik. Hasil temuan penelitian ini ditemukan bahwa adanya pengaruh penggunaan model Reciprocal teaching atau pembelajaran terbalik pada kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Wonggeduku. Hal ini dapat diliat dari nilai Pretest terendah 52 ke nilai post test tertinggi 88. Dari hasil analisis paired samples t-test menunjukkan nilai t hitung (df=34) lebih besar dari t tabel (1.690) dan serta p< 0.05 sehingga ada perbedaan writing ability setelah penggunaan model reciprocal teaching. Berdasarkan hasil penghitungan effect size calculator didapatkan effect size senilai 1.670 yang menandakan bahwa penggunaan model reciprocal teaching memberikan efek yang besar (large effect).Downloads
Published
2022-09-06
How to Cite
Lestari, S. A. ., Wahid, I. ., & Sukmawati, S. (2022). Penggunaan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Wonggeduku. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 431–437. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6625
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sandra Ayu Lestari, Iinfantri Wahid, Sukmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









