Pelaksanaan Program KKN Berbasis Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung Bagi Anak Sekolah di Desa Duarato

Authors

  • Antonia Kurniawan Wati Lau Universitas Katolik Widya Mandira
  • Hendrikus Don Sama Lelo Universitas Katolik Widya Mandira
  • Fransiska Yosephina Yunita Lukas Universitas Katolik Widya Mandira
  • Lusiana Ngeppe Universitas Katolik Widya Mandira
  • Veronika Ignasia Moruk Mali Universitas Katolik Widya Mandira
  • Maria Augustin Lopes Amaral Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6598

Abstract

Anak usia dini adalah usia dimana pertumbuhan peka terhadap perkembangan kemampuan kognitif, gerak fisik, bahasa, emosi sosial, dan nilai-nilai agama dan moral. Pada titik ini, kekurangan administratif harus disesuaikan dengan kelompok usia. Calistung bisa diterapkan untuk meningkatkan anak usia dini asalkan aspek perkembangannya. Mahasiswa dari Universitas Katolik Widya Mandira Kupang melangsungkan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Duarato untuk mempromosikan cinta budaya literasi. Kegiatan pendampingan  berupa pelajaran membaca, menulis dan berhitung dengan pendekatan yang lebih santai dan bersahabat bagi siswa usia sekolah. Program ini mencapai hasil yang memuaskan berdasarkan persepsi guru dan orang tua, siswa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang calistung, dan anak-anak menunjukkan perilaku yang lebih terlibat dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2022-09-08

How to Cite

Lau, . . A. K. W. ., Lelo, H. D. S., Lukas, F. Y. Y. ., Ngeppe, . L. ., Mali, V. I. M., & Lopes Amaral, M. A. (2022). Pelaksanaan Program KKN Berbasis Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung Bagi Anak Sekolah di Desa Duarato. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 619–624. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6598

Most read articles by the same author(s)