Studi Literatur: Perilaku Bullying Terhadap Regulasi Emosi Pada Remaja Di Sekolah

Authors

  • Monica Santosa Universitas Semarang
  • Rini Sugiarti Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6585

Abstract

Bullying merupakan perilaku negatif dimana seseorang merasa lebih berkuasa  dan menggunakan kekuasaannya untuk menyakiti, memonjokkan orang lain secara individu maupun kelompok. Perilaku bullying dapat dilakukan secara verbal, fisik, dan mental. Perilaku bullying dilakukan tidak hanya sekali, melainkan bersifat terus menerus sampai korban merasa tidak berdaya. Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa dimana seseorang berada dalam emosi yang meledak-ledak dan sulit dikendalikan. Mereka membutuhkan kemampuan regulasi emosi yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode literature review yang bersumber dari beberapa penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan variabel dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat apa saja faktor yang memicu munculnya perilaku bullying dan apa dampak dari perilaku bullying serta mencari solusi untuk remaja mampu memiliki kemampuan regulasi emosi yang baik.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Santosa, M., & Sugiarti, R. (2022). Studi Literatur: Perilaku Bullying Terhadap Regulasi Emosi Pada Remaja Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 474–481. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6585