Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMKN 1 Lembah Gumanti
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6584Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran informatika di SMKN 1 Lembah Gumanti. penelitian ini merupakan penelitian kunatitatif dengan jenis eksperimen bagian pretest posttest only control group desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Lembah Gumanti jurusan MPLB yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 70 orang yang terbagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ditentukan dengan random sampling, syarat menggunakan random sampling harus melakukan uji normalitas dan homogenitas. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Hasil belajar pada kelas eksperimen menunjukkan banyaknya siswa yang mendapat nilai tinggi dari pada kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen yaitu 41,14 dan kelas kontrol 36,57 sedangkan untuk nilai posttest kelas eksperimen dengan rata-rata 85,77 dan kelas kontrol dengan rata-rata 52,68. Dari hasil alternatif, hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Dari analisis ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran informatika di SMK Negeri 1 Lembah Gumanti. Kata Kunci: media video, hasil belajar siswa.Downloads
Published
2022-09-06
How to Cite
Sari, R. R. ., Pratama, A., & Samudra, A. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMKN 1 Lembah Gumanti. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 409–412. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6584
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ria Ratna Sari, Ade Pratama, Ami Anggraini Samudra
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).