Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMKN 1 Lembah Gumanti

Authors

  • Ria Ratna Sari Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Ade Pratama Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Ami Anggraini Samudra Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6584

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran informatika di SMKN 1 Lembah Gumanti. penelitian ini merupakan penelitian kunatitatif dengan jenis eksperimen bagian pretest posttest only control group desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Lembah Gumanti jurusan MPLB yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 70 orang yang terbagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ditentukan dengan random sampling, syarat menggunakan random sampling harus melakukan uji normalitas dan homogenitas. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Hasil belajar pada kelas eksperimen menunjukkan banyaknya siswa yang mendapat nilai tinggi dari pada kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen yaitu 41,14 dan kelas kontrol 36,57 sedangkan untuk nilai posttest kelas eksperimen dengan rata-rata 85,77 dan kelas kontrol dengan rata-rata 52,68. Dari hasil alternatif, hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Dari analisis ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran informatika di SMK Negeri 1 Lembah Gumanti. Kata Kunci: media video, hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-09-06

How to Cite

Sari, R. R. ., Pratama, A., & Samudra, A. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMKN 1 Lembah Gumanti. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 409–412. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6584