Korelasi Manajemen Perpustakaan Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Uswatun Hasanah Selogudig

Authors

  • Lukman Hadi Wafi Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6580

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap korelasi antara manajemen perpustakaan dengan motivasi belajar siswa. dalam proses meningkatkan motivasi belajar siswa, manajemen perpustakaan memiliki peran yang sangat penting. Sehingga keberadaan perpustakaan sekolah di lembaga pendidikan negeri maupun swasta bisa dikatakan wajib. Tidak hanya keberadaan perpustakaan secara fisik,tetapi perpustakaan juga diharapkan memberi perubahan iklim yang nyata terhatap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui korelasi antara manajemen perpustakaan dengan motivasi belajar siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi yang dilakukan di MTS Uswatun Hasanah di desa Selogudig Wetan, kecamatan Pajarakan, kabupaten Probolinggo. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa  di MTs Uswatun Hasanah manajemen perpustakaan dengan motivasi belajar siswa memiliki korelasi yang sangat kuat. Artinya, tingginya motivasi belajar siswa dapat ditentukan melalui manajemen perpustakaan yang baik.

Downloads

Published

2022-09-04

How to Cite

Wafi, L. H. (2022). Korelasi Manajemen Perpustakaan Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Uswatun Hasanah Selogudig. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 285–290. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6580