Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Desa Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali)

Authors

  • Tirta Ayu Lestari Universitas Bina Darma
  • Citra Indah Merina Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6575

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis Transparansi dan akuntabilitas dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa pada Desa Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Pali. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif terhadap informan dalam penelitian ini terdiri dari perangkat desa dan masyarakat.dimana variable yang digunakan dalam penelitian ini adalah transparansi, akuntabilitas, dan pengelolaan alokasi dana desa. Sumber data yang peneliti gunakan yaitu menggunakan data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara,dan analisis dokumen.Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan analisis data sebelum dilapangan dan analisis data selama lapangan. Analisis data luar lapangan meliputi reduksi data, Data display (penyajian data) dan Kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa (a) Penerapan transparansi pengelolaan Alokasi Dana Desa pemerintah desa belum sepenuhnya menerapkan prinsip Transparan dalam pengelolaaan dana desa, hal tersebut dikarenakan kurangnya keterbukaan kepada masyarakat tentang pengelolaan alokasi dana desa dalam hal pembangunan desa, kemudian masih banyaknya keterbatasan masyarakat dalam mendapatkan informasi perihal pengelolaan alokasi dana desa didesa Bumi Ayu. (b) Sedangkan penerapan akuntabilitas dalam pengelolaan alokasi dana desa dikatakan sudah cukup baik dengan melibatkan masyarakat desa dalam perencanaan pengalokasian dana desa, dan juga tanggungjawab dalam mengelola dana desa sesuai dengan aturan Permendagri 113 tahun 2014. Akan tetapi masih belum optimal, terkhususnya pada akuntabilitas pelaporan dalam hal laporan realisasi pelaksanaan.

Downloads

Published

2022-09-04

How to Cite

Lestari, T. A., & Merina, C. I. . (2022). Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Desa Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 275–284. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6575