Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Jelambar 01 Pagi

Authors

  • Sri Ismawati Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Fery Perdiansyah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Aam Amaliah Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6572

Abstract

Pengaruh metode  Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Jelambar 01 Pagi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah metode Discovey Learning  berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen, populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, dengan teknik pengambilan sempel  dalam penelitian ini menggunakan Random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes yang berbentuk pilihan ganda dan instrument observasi untuk mengetahui kondisi didalam kelas apakah guru menggunakan metode   Discovery Learning   .Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t jenis  varians dengan taraf signifikan ?=0,05 untuk n= 58 pada kelas eksperimen dan kontrol. Karena data diperoleh thitung = 0,85887 dan t-tabel=1,67155 karena thitung>ttabel maka H0 ditolak dengan demikian pada awal pembelajaran terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol.  Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t  varians dengan taraf signifikan ?=0,05 untuk n= 58  postes pada kelas eksperimen dan kontrol. Karena data normal dan homogen maka dk =n1=n2-2 Berdasarkan data yang diperoleh thitung = 0,819077 dan ttabel   1,67155 karena thitung >ttabel maka H0 ditolak .

Downloads

Published

2022-09-03

How to Cite

Ismawati, . S. ., Perdiansyah, F. ., & Amaliah, A. . (2022). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Jelambar 01 Pagi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 245–249. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6572