Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Jelambar 01 Pagi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6572Abstract
Pengaruh metode Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Jelambar 01 Pagi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah metode Discovey Learning berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen, populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, dengan teknik pengambilan sempel dalam penelitian ini menggunakan Random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes yang berbentuk pilihan ganda dan instrument observasi untuk mengetahui kondisi didalam kelas apakah guru menggunakan metode Discovery Learning .Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t jenis varians dengan taraf signifikan ?=0,05 untuk n= 58 pada kelas eksperimen dan kontrol. Karena data diperoleh thitung = 0,85887 dan t-tabel=1,67155 karena thitung>ttabel maka H0 ditolak dengan demikian pada awal pembelajaran terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t varians dengan taraf signifikan ?=0,05 untuk n= 58 postes pada kelas eksperimen dan kontrol. Karena data normal dan homogen maka dk =n1=n2-2 Berdasarkan data yang diperoleh thitung = 0,819077 dan ttabel 1,67155 karena thitung >ttabel maka H0 ditolak .Downloads
Published
2022-09-03
How to Cite
Ismawati, . S. ., Perdiansyah, F. ., & Amaliah, A. . (2022). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Jelambar 01 Pagi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 245–249. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6572
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sri Ismawati, Fery Perdiansyah, Aam Amaliah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).