Pemetaan Kendala Pembelajaran Daring Siswa SMP Negeri 1 Kerambitan

Authors

  • I Wayan Mawa IKIP Saraswati,
  • I Wayan Soper IKIP Saraswati,
  • I Wayan Nardi IKIP Saraswati,

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6521

Abstract

Pemetaan kendala pembelajaran ‘daring’ pada siswa bertujuan agar ditemukan solusi terbaik yang dapat ditawarkan kepada siswa terkait kendala yang dialami selama belajar ‘daring’. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif sehingga sesuai untuk menggambarkan keadaan yang terjadi pada saat penellitian dilakukan (pada masa pandemi). Berdasarkan hasil kuisioner dan wawancara secara daring, didapati sebesar 65,5% siswa menganggap pembelajaran ‘daring’ lebih sulit daripada ‘luring’, mulai dari kendala jaringan, kuota, banyaknya tugas, kendala pada fokus belajar, menurunnya motivasi belajar karena tidak bertemu dengan teman secara langsung, hingga sulitnya mengatur waktu selama pembelajaran ‘daring’. Berbagai solusi yang dapat ditawarkan diantaranya: membuat model pembelajaran lebih bervariasi, subsidi kuota internet, hingga proses pembelajaran secara blended (campuran daring dan luring).

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Mawa, . I. W., Soper, I. W. ., & Nardi, I. W. . (2022). Pemetaan Kendala Pembelajaran Daring Siswa SMP Negeri 1 Kerambitan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6418–6422. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6521