Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Bali
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6520Abstract
Berangkat dari pandangan bahwa pendidikan karakter adalah proses pembelajaran itu sendiri, pendidikan karakter dapat diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran tanpa mengubah materi pembelajaran yang sudah ditetapkan dalam kurikulum. Oleh karen itu, dalam pembelajaran bahasa Indonesia, pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam proses pembelajaran itu sendiri. Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan cara mengembangkan bahan ajar yang mengandung muatan karakter. Bahan ajar yang demikian biasanya berupa karya sastra seperti folklor atau cerita-cerita rakyat yang di dalamnya mengandung berbagai unsur yang dapat diteladani. Oleh karena itu, setiap pendidik dan satuan pendidikan perlu mengintegrasikan nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan karakter ke dalam kurikulum, silabus yang sudah ada. Nilai-nilai karakter tersebut tidak diajarkan tetapi dikembangkan melalui proses belajar yang mengandung makna bahwa nilai-nilai karakter bukanlah bahan ajar biasa dan tidak semata-mata diajarkan, tetapi lebih jauh diinternalisasi melalui proses belajar.Downloads
Published
2022-08-31
How to Cite
Subaker, . I. W. ., Sudiarthi, D. N. A. ., & Dewi, . N. P. A. K. S. . (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Bali. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6511–6517. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6520
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 I Wayan Subaker, Desak Nyoman Alit Sudiarthi , Ni Putu Ayu Kartika Sari Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









