Metode Pembinaan Calon Jemaah Haji Pada Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi

Authors

  • Ridwan Agustian Nur Institut Madani Nusantara
  • Jimatul Arrobi Institut Madani Nusantara
  • Irsan Apriandinata Institut Madani Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6508

Abstract

Dalam penyelenggaraan ibadah haji, perlu adanya ikhtiar untuk meningkatkan mutu ataupun kualitas jemaah, seiring dengan semakin bertambahnya kuantitas jemaah haji pada Kabupaten Sukabumi dimana jumlahnya sudah mencapai 25.000  orang, dengan kuota 1.600 orang/tahunnya. Jumlah yang terus bertambah menyebabkan waktu tunggu keberangkatan mencapai 16 tahun, hal tersebut harusnya menjadi peluang bagi jemaah haji untuk semakin memperkaya pengetahuan tentang haji, dan juga menjadi kesempatan untuk pemerintah memberikan pembinaan sepanjang tahun sebagaimana dalam PMA No 13 Tahun 2021 sehingga ketika keberangkatan jemaah sudah memahami segala hal tentang ibadah haji dan membentuk jemaah haji yang berkualitas. Penelitian ini merupakan kajian deskriptif analisis kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini merupakan implikasi data yang di dapat mengenai pembinaan haji yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi Dalam hal ini Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi melalui seksi Penyelenggara Haji dan Umroh berupaya melakukan pembinaan terhadap jemaah baik berbentuk bimbingan maupun penyuluhan tujuannya yakni membentuk kemandirian jemaah, meningkatkan kemampuan jemaah dalam melaksanakan ibadah, dengan harapan jemaah dapat memperoleh haji yang mabrur. Metode yang dilakukan dalam bimbingan diantaranya:  ceramah, tanya jawab, peragaan, praktik manasik, dan simulasi.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Nur, . R. A. ., Arrobi, J. ., & Apriandinata, I. . (2022). Metode Pembinaan Calon Jemaah Haji Pada Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6473–6484. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6508