Meningkatkan Karakter Semangat Kebangsaan pada Siswa SD (Sekolah Dasar) Melalui Pembiasaan THK (Tri Hita Karana)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6507Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter semangat kebangsaan pada siswa Sekolah Dasar melalui pembiasaan Tri Hita Karana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 10 Pedungan dengan subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa fase yaitu tahap perencanaan, implementasi tindakan, tahap pemantauan, evaluasi, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan pada siklus II dengan persentase sebesar 91,7% siswa dapat terbiasa mendengarkan lagu Indonesia Raya dan lagu wajib nasional; 70% siswa dapat mempertahankan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik; 100% siswa menunjukkan sikap kerja sama dengan teman yang berbeda agama; 75% siswa menunjukkan semangat untuk mengobarkan semangat nasionalisme; serta 62,5% siswa dapat meyakini adanya persamaan hak dan kewajiban antar teman. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui pembiasaan Tri Hita Karana dapat meningkatkan karakter semangat kebangsaan siswa kelas V Sekolah Dasar.Downloads
Published
2022-09-02
How to Cite
Indah Paramita, I. G. A., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Meningkatkan Karakter Semangat Kebangsaan pada Siswa SD (Sekolah Dasar) Melalui Pembiasaan THK (Tri Hita Karana). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8–17. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6507
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 I Gusti Ayu Indah Paramita, I Gusti Agung Ayu Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).