Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penjualan Sepeda Motor Merek Yamaha CV. Prima Yamaha Nusantara Dumai

Authors

  • Hildawati Hildawati STIA LANCANG KUNING DUMAI
  • Nurmala Sari STIA LANCANG KUNING DUMAI
  • Maulida Aulia STIA LANCANG KUNING DUMAI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6501

Abstract

Masih kurang pencapaian target penjualan produk pada CV. Prima Yamaha Nusantara Dumai dan masih kurang tersedianya stok sepeda motor type tertentu sehingga permintaan konsumen tidak terpenuhi pada CV. Prima Yamaha Nusantara Dumai. Adapun tujuan penelitian deskriptif ini yaitu untuk mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi penjualan sepeda motor merek Yamaha pada CV. Prima Yamaha Nusantara Dumai dan untuk mengetahui faktor–faktor yang menjadi penghambat penjualan sepeda motor merek Yamaha pada CV. Prima Yamaha Nusantara Dumai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut Basu Swastha & Irawan (2008:406) dalam praktek, kegiatan penjualan itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor–faktor tersebut adalah Kondisi dan kemampuan penjual, Kondisi Pasar, Modal, Kondisi organisasi perusahaan dan Faktor lain. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari seluruh karyawan dan konsumen. Teknik pengambilan sampel karyawan dengan menggunakan metode sampling jenuh, sedangkan konsumen metode sampling incidental. Jenis sumber data yaitu data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara dan kuesioner. Teknik analisa data yaitu statistik deskriptif dan teknik pengukuran menggunakan rating scale. Hasil penelitian dari 81 responden menunjukkan faktor–faktor yang mempengaruhi penjualan sepeda motor merek yamaha pada CV. Prima Yamaha Nusantara Dumai berada dikategori baik, dengan total skor 2601 dan persentase 71,36%. Adapun yang menjadi faktor penghambat pada CV. Prima Yamaha Nusantara Dumai yaitu kurangnya kondisi pasar dan kurangnya modal.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Hildawati, . H., Sari, N. ., & Aulia, M. . (2022). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penjualan Sepeda Motor Merek Yamaha CV. Prima Yamaha Nusantara Dumai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6444–6456. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6501