Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Pada PDAM Tirta Dumai Bersemai Kota Dumai

Authors

  • E. Maznah Hijeriah STIA LANCANG KUNING DUMAI
  • Lili Suryani STIA LANCANG KUNING DUMAI
  • Lilis Kurniawati STIA LANCANG KUNING DUMAI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6500

Abstract

Masih terdapat keluhan pelanggan terhadap pelayanan pipa air yang bocor pada PDAM Tirta Dumai Bersemai Kota Dumai. Masih terdapatnya keterlambatan pelayanan terhadap survey lokasi pemasangan pada PDAM Tirta Dumai Bersemai Kota Dumai. Adapun tujuan dalam penelitian deskriptif ini adalah Untuk mengetahui Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Pada PDAM Tirta Dumai Bersemai Kota Dumai. Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Pada PDAM Tirta Dumai Bersemai Kota Dumai. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh karyawan dan pelanggan PDAM Tirta Dumai Bersemai Kota Dumai. Untuk teknik pengambilan sampel karyawan digunakan sensus sampling/sampling jenuh, sedangkan untuk pelanggan menggunakan sampling incidental, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket (kuesioner), dan wawancara. Adapun teknik analisa data menggunakan data kualitatif dengan skala pengukuran Rating Scale. Hasil penelitian dikategorikan Baik dengan jumlah skor sebesar 5.354 dan dengan persentase sebesar 79,68%. Faktor pendukung Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa pada PDAM Tirta Dumai Bersemai Kota Dumai adalah terdapatnya Bukti fisik karyawan dan terdapatnya Kehandalan karyawan, sedangkan yang menjadi faktor penghambat Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa pada PDAM Tirta Dumai Bersemai Kota Dumai adalah kurangnya daya tanggap karyawan dan kurangnya jaminan karyawan.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Hijeriah, E. M., Suryani, L. ., & Kurniawati, . L. . (2022). Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Pada PDAM Tirta Dumai Bersemai Kota Dumai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6430–6443. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6500