The Strategy Of The Head Of Madrasah In Improving The Quality Of Standard Input At MTS Muhammadiyah Purbolinggo East Lampung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.6463Abstract
Rekrutmen peserta didik di suatu sekolah pada hakikatnya adalah suatu proses mencari, menentukan, dan menarik pelamar yang mampu menjadi peserta didik di lembaga pendidikan yang bersangkutan. Dalam rekrutmen siswa baru, setiap sekolah memiliki standar input tersendiri dalam menentukan kriteria siswa yang dapat diterima di sekolah, standar input juga mempengaruhi kualitas proses pembelajaran dan output di setiap sekolah. Banyak hal yang perlu dilakukan oleh kepala sekolah dalam mengelola sekolah yang dipimpinnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan di tempat yang dipilih sebagai lokasi dan objek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam peningkatan kualitas standar input strategi yang dilakukan kepala sekolah adalah meningkatkan sumber daya manusia di madrasah kemudian membentuk panitia dengan dan mengadakan rapat terkait pengadaan rekrutmen siswa baru , dengan menetapkan persyaratan serta menetapkan kriteria dan standar yang harus dimiliki calon peserta. mendidik. Selain itu, dalam penerapan strategi peningkatan standar input juga terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung dalam penerapan strategi tersebut adalah dalam implementasi dan implementasi strategi dalam peningkatan kualitas standar input yang didukung dari semua pihak dan kerjasama yang solid dari panitia penerimaan siswa baru menjadi hal yang penting serta infrastruktur yang memadai di lembaga pendidikan juga meningkat daya dukung peningkatannyaDownloads
Published
2022-06-30
How to Cite
Pujianti, . E. ., & Sarpendi, S. (2022). The Strategy Of The Head Of Madrasah In Improving The Quality Of Standard Input At MTS Muhammadiyah Purbolinggo East Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2642–2649. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.6463
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Etika Pujianti, Sarpendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).