Systematic Literature Review: Analisis Pelayanan Akademik Secara Online Selama Pandemi Covid-19 di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6462Abstract
Masuknya Covid-19 ke Indonesia membawa banyak perubahan pada tatanan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, salah satunya pada kebijakan pendidikan di Indonesia. Selama pandemic pelayanan pendidikan dilakukan secara online, hal ini juga berlaku bagi Perguruan Tinggi. Dalam pelaksanaan pelayanan pendidikan secara online, tidak hanya berlaku pada proses pembelajaran, tapi juga pada layanan administrasi akademik, layanan pustaka, dan segala kebutuhan mahasiswa yang diharuskan untuk dapat dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pelayanan Akademik secara online selama Pandemi Covid-19 di Perguruan Tinggi. Dalam mengkaji permasalahan dalam penelitian ini, akan dikumpulkan data-data melalui Systematic Literature Review (SLR). Hasil penelitian menunjukkan, selama pandemic Covid-19 pelayanan akademik banyak diberikan secara online. Beberapa penelitian memperlihatkan mahasiswa puas dengan layanan akademik yang diberikan oleh perguruan tinggi. Namun, beberapa penelitian juga ada yang menunjukan banyak mahasiswa yang tidak puas dengan layanan akademik yang diberikan oleh perguruan tinggi. Ketidakpuasan mahasiswa pada pelayanan akademik di masa pandemic Covid-19 karena pelayanan akademik yang belum maksimal dan menemui banyak kendala. Kendala dalam pemberian layanan selama pandemi adalah akses jaringan internet dan teknologi yang terbatas. Banyak inovasi yang dilakukan oleh pihak perguruan tinggi untuk memberikan layanan akademik agar dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa. Inovasi tersebut seperti pengembangan website atau aplikasi untuk mengurus administrasi, pengurusan surat, hingga pengambilan ijazah secara online.Downloads
Published
2022-08-30
How to Cite
Helmina , . R. . (2022). Systematic Literature Review: Analisis Pelayanan Akademik Secara Online Selama Pandemi Covid-19 di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6155–6169. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6462
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rita Helmina
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).