Systematic Literature Review: Analisis Pelayanan Akademik Secara Online Selama Pandemi Covid-19 di Perguruan Tinggi

Authors

  • Rita Helmina Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6462

Abstract

Masuknya Covid-19 ke Indonesia membawa banyak perubahan pada tatanan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, salah satunya pada kebijakan pendidikan di Indonesia. Selama pandemic pelayanan pendidikan dilakukan secara online, hal ini juga berlaku bagi Perguruan Tinggi. Dalam pelaksanaan pelayanan pendidikan secara online, tidak hanya berlaku pada proses pembelajaran, tapi juga pada layanan administrasi akademik, layanan pustaka, dan segala kebutuhan mahasiswa yang diharuskan untuk dapat dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pelayanan Akademik secara online selama Pandemi Covid-19 di Perguruan Tinggi.  Dalam mengkaji permasalahan dalam  penelitian ini, akan dikumpulkan data-data melalui Systematic Literature Review (SLR).  Hasil penelitian menunjukkan, selama pandemic Covid-19 pelayanan akademik banyak diberikan secara online. Beberapa penelitian memperlihatkan mahasiswa puas dengan layanan akademik yang diberikan oleh perguruan tinggi. Namun, beberapa penelitian juga ada yang menunjukan banyak mahasiswa yang tidak puas dengan layanan akademik yang diberikan oleh perguruan tinggi. Ketidakpuasan mahasiswa pada pelayanan akademik di masa pandemic Covid-19 karena pelayanan akademik yang belum maksimal dan menemui banyak kendala. Kendala dalam pemberian layanan selama pandemi adalah akses jaringan internet dan teknologi yang terbatas. Banyak inovasi yang dilakukan oleh pihak perguruan tinggi untuk memberikan layanan akademik agar dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa. Inovasi tersebut seperti pengembangan website atau aplikasi untuk mengurus administrasi, pengurusan surat, hingga pengambilan ijazah secara online.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Helmina , . R. . (2022). Systematic Literature Review: Analisis Pelayanan Akademik Secara Online Selama Pandemi Covid-19 di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6155–6169. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6462