Upaya Meningkatkan Pembelajaran Mengaji dengan Huruf Tajwid pada Anak di Masjid Al -Huda Jatiasih

Authors

  • Nisrina Choirunnisa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka,

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6455

Abstract

Membaca Al-Quran merupakan amalan yang baik untuk akhirat nantinya. Sebelum membaca Al-Quran kita harus memahami tajwid dan makhraj terlebih dahulu supaya saat membaca Al-Quran dengan fasih, baik dan benar. Sedangkan para anak-anak Masjid Al Huda ada beberapa yang kurang melafalkan huruf hijaiyah dan ada beberapa yang sudah melafalkan huruf hijaiyah. Banyaknya anak mengaji Al Huda yang berjumlah sekitar 30 anak dan kekurangan tenaga kerja yaitu 2 guru ngaji. Pengajian di Masjid Al Huda mengalami kekurangan wawasan dan pengetahuan tentang huruf hijaiyah serta tajwidnya. Metode pendekatan yang digunakan pada kegiatan selama PKL (Praktek Kerja Lapangan) yaitu pembelajaran mengaji dengan huruf tajwid yang baik dan benar. Hal ini dilakukan karena salah satu cara efektif arena dapat menyimak langsung dan mengecek pemahaman sertamembetulkan pelafalan huruf hijaiyah. Dengan bimbingan ini mahasiswa juga dapat lebih dekat dengan mitra. Berdasarkan hasil dari PKL (Praktek Kerja Lapangan) dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatkan pengetahuan pada anak Masjid Al Huda tentang mengaji dengan huruf tajwid dengan baik dan benar, serta membantu pihak Ustad Masjid Al Huda untuk meningkatkan wawasan dalam membaca Al-Quran.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Choirunnisa , N. . (2022). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Mengaji dengan Huruf Tajwid pada Anak di Masjid Al -Huda Jatiasih. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6085–6090. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6455