Upaya Meningkatkan Pembelajaran Mengaji dengan Huruf Tajwid pada Anak di Masjid Al -Huda Jatiasih
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6455Abstract
Membaca Al-Quran merupakan amalan yang baik untuk akhirat nantinya. Sebelum membaca Al-Quran kita harus memahami tajwid dan makhraj terlebih dahulu supaya saat membaca Al-Quran dengan fasih, baik dan benar. Sedangkan para anak-anak Masjid Al Huda ada beberapa yang kurang melafalkan huruf hijaiyah dan ada beberapa yang sudah melafalkan huruf hijaiyah. Banyaknya anak mengaji Al Huda yang berjumlah sekitar 30 anak dan kekurangan tenaga kerja yaitu 2 guru ngaji. Pengajian di Masjid Al Huda mengalami kekurangan wawasan dan pengetahuan tentang huruf hijaiyah serta tajwidnya. Metode pendekatan yang digunakan pada kegiatan selama PKL (Praktek Kerja Lapangan) yaitu pembelajaran mengaji dengan huruf tajwid yang baik dan benar. Hal ini dilakukan karena salah satu cara efektif arena dapat menyimak langsung dan mengecek pemahaman sertamembetulkan pelafalan huruf hijaiyah. Dengan bimbingan ini mahasiswa juga dapat lebih dekat dengan mitra. Berdasarkan hasil dari PKL (Praktek Kerja Lapangan) dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatkan pengetahuan pada anak Masjid Al Huda tentang mengaji dengan huruf tajwid dengan baik dan benar, serta membantu pihak Ustad Masjid Al Huda untuk meningkatkan wawasan dalam membaca Al-Quran.Downloads
Published
2022-08-30
How to Cite
Choirunnisa , N. . (2022). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Mengaji dengan Huruf Tajwid pada Anak di Masjid Al -Huda Jatiasih. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6085–6090. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6455
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nisrina Choirunnisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).