Didactic Design Of Social Arithmetic Through Generative Learning Model To Develop The Mathematic Representation Disposition Of Students

Authors

  • Nurwinda Apriyani IAI An Nur Lampung, Lampung
  • Dwi Pulsha Apriliande IAI An Nur Lampung, Lampung
  • Asmadewi Asmadewi IAI An Nur Lampung, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.6439

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan produk desain didaktis aritmetika sosial yang dikembangkan melalui model pembelajaran generatif serta mengembangkan disposisi representasi matematis peserta didik dengan penerapan desain didaktis aritmetika sosial melalui model pembelajaran generatif. Penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian dan pengembangan oleh Borg and Gall yaitu Penelitian dan pengumpulan data, perencanaan dan pengembangan produk, validasi, revisi-revisi dan uji lapangan. Hasil validasi ahli menyatakan desain didaktis valid dan layak untuk diteliti lebih lanjut. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa nilai kemampuan representasi yang tinggi diimbangi nilai disposisi representasi matematis yang tinggi pula. Desain didaktis empirik yang telah diperoleh terbuka untuk terus disempurnakan melalui tahapan pengembangan analisis situasi didaktis, metapedadidaktis dan retrosfektif kembali

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Apriyani , . N. ., Apriliande, D. P. ., & Asmadewi, A. (2022). Didactic Design Of Social Arithmetic Through Generative Learning Model To Develop The Mathematic Representation Disposition Of Students. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2634–2641. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.6439