Pengaruh Strategi Pembelajaran Visual Thinking terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Swasta Methodist Kuala T. A. 2021/2022

Authors

  • Edy Petra Kristian Sitepu Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Sanggam P. Gultom Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Dame Ifa Sihombing Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6425

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Swasta Methodist Kuala TA. 2021/2022. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik dalam bentuk uraian. Dari hasil perhitungan data observasi diperoleh harga Lhitung 0,154 untuk n = 36 dan taraf signifikan 0,05, maka harga Ltabel sebesar 0,148. Hasil perbandingannya Lhitung > Ltabel, dengan demikian disimpulkan Ho tidak diterima. Dari hasil perhitungan uji normalitas data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh harga Lhitung 0,128 dengan untuk n = 36 dan taraf signifikan 0,05, maka harga Ltabel sebesar 0,148. Hasil perbandingannya Lhitung < Ltabel, dengan demikian disimpulkan Ho diterima. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi pangkat sehingga di dapat  dan dengan menggunakan tabel kritis korelasi Spearman untuk  dan taraf signifikan 0,05, sehingga diperoleh rtabel sebesar 0,279. Oleh karena |rhitung| < rtabel atau 0,167 < 0,279, maka disimpulkan tidak ada hubungan antara strategi pembelajaran visual thinking dengan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Sitepu, . E. P. K. ., Gultom, S. P. ., & Sihombing, D. I. . (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Visual Thinking terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Swasta Methodist Kuala T. A. 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5968–5983. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6425