Pengaruh Strategi Pembelajaran Visual Thinking terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Swasta Methodist Kuala T. A. 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6425Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Swasta Methodist Kuala TA. 2021/2022. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik dalam bentuk uraian. Dari hasil perhitungan data observasi diperoleh harga Lhitung 0,154 untuk n = 36 dan taraf signifikan 0,05, maka harga Ltabel sebesar 0,148. Hasil perbandingannya Lhitung > Ltabel, dengan demikian disimpulkan Ho tidak diterima. Dari hasil perhitungan uji normalitas data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh harga Lhitung 0,128 dengan untuk n = 36 dan taraf signifikan 0,05, maka harga Ltabel sebesar 0,148. Hasil perbandingannya Lhitung < Ltabel, dengan demikian disimpulkan Ho diterima. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi pangkat sehingga di dapat dan dengan menggunakan tabel kritis korelasi Spearman untuk dan taraf signifikan 0,05, sehingga diperoleh rtabel sebesar 0,279. Oleh karena |rhitung| < rtabel atau 0,167 < 0,279, maka disimpulkan tidak ada hubungan antara strategi pembelajaran visual thinking dengan kemampuan komunikasi matematis siswa.Downloads
Published
2022-08-29
How to Cite
Sitepu, . E. P. K. ., Gultom, S. P. ., & Sihombing, D. I. . (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Visual Thinking terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Swasta Methodist Kuala T. A. 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5968–5983. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6425
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Edy Petra Kristian Sitepu, Sanggam P. Gultom, Dame Ifa Sihombing
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).