Building Experiential Marketing And Experiential Religiosity In Increasing Trust, Customer Intimacy And Customer Loyalty At Muslim Clothing Fashion Store In Semarang

Authors

  • Angkasa Puspa Negara Islam Sultan Agung University, Semarang
  • Asyhari Asyhari Islam Sultan Agung University, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6418

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara experiential marketing dan experiential religiusity dalam meningkatkan kepercayaan, keintiman pelanggan dan loyalitas pelanggan. Desain / metodologi / pendekatan: Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dari 200 konsumen ritel Busana Muslim di Semarang melalui kuesioner. Penelitian ini menganalisis enam hipotesis menggunakan pemodelan persamaan struktural. Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing mampu meningkatkan kepercayaan dan keintiman pelanggan. Peningkatan kepercayaan dan keintiman pelanggan terbukti mampu memperkuat loyalitas pelanggan. Sedangkan religiositas experiential tidak mampu meningkatkan kepercayaan dan keintiman pelanggan. Sehingga tidak dapat memperkuat pengaruh kepercayaan dan keintiman pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Batasan/implikasi penelitian: Variabel penelitian yang digunakan hanya menggunakan experiential marketing dan experiential religiositas sehingga Adjusted R Square dalam mempengaruhi kepercayaan hanya 45,5%, keintiman pelanggan 47,6% dan loyalitas pelanggan hanya 33,7%. dalam penelitian ini, responden penelitian yang diteliti adalah konsumen yang memiliki religiositas ekstrinsik, sehingga memberikan hasil yang signifikan antara variabel religiositas pengalaman dan kepercayaan. Implikasi praktis: Implikasi hasil penelitian bagi manajemen adalah sebagai literatur dalam upaya membangun experiential marketing dalam meningkatkan kepercayaan, keintiman pelanggan dan loyalitas pelanggan. Sehingga perusahaan sebagai peritel busana muslim harus selalu mengembangkan inovasi yang dapat mempengaruhi tindakan pelanggan. Hal ini dapat dicapai dengan menciptakan suasana yang menyenangkan, produk yang beragam, warna dinding yang menarik, produk yang tertata rapi, mendengarkan musik yang nyaman.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Negara, A. P. ., & Asyhari, A. (2022). Building Experiential Marketing And Experiential Religiosity In Increasing Trust, Customer Intimacy And Customer Loyalty At Muslim Clothing Fashion Store In Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5937–5948. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6418