Building Experiential Marketing And Experiential Religiosity In Increasing Trust, Customer Intimacy And Customer Loyalty At Muslim Clothing Fashion Store In Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6418Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara experiential marketing dan experiential religiusity dalam meningkatkan kepercayaan, keintiman pelanggan dan loyalitas pelanggan. Desain / metodologi / pendekatan: Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dari 200 konsumen ritel Busana Muslim di Semarang melalui kuesioner. Penelitian ini menganalisis enam hipotesis menggunakan pemodelan persamaan struktural. Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing mampu meningkatkan kepercayaan dan keintiman pelanggan. Peningkatan kepercayaan dan keintiman pelanggan terbukti mampu memperkuat loyalitas pelanggan. Sedangkan religiositas experiential tidak mampu meningkatkan kepercayaan dan keintiman pelanggan. Sehingga tidak dapat memperkuat pengaruh kepercayaan dan keintiman pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Batasan/implikasi penelitian: Variabel penelitian yang digunakan hanya menggunakan experiential marketing dan experiential religiositas sehingga Adjusted R Square dalam mempengaruhi kepercayaan hanya 45,5%, keintiman pelanggan 47,6% dan loyalitas pelanggan hanya 33,7%. dalam penelitian ini, responden penelitian yang diteliti adalah konsumen yang memiliki religiositas ekstrinsik, sehingga memberikan hasil yang signifikan antara variabel religiositas pengalaman dan kepercayaan. Implikasi praktis: Implikasi hasil penelitian bagi manajemen adalah sebagai literatur dalam upaya membangun experiential marketing dalam meningkatkan kepercayaan, keintiman pelanggan dan loyalitas pelanggan. Sehingga perusahaan sebagai peritel busana muslim harus selalu mengembangkan inovasi yang dapat mempengaruhi tindakan pelanggan. Hal ini dapat dicapai dengan menciptakan suasana yang menyenangkan, produk yang beragam, warna dinding yang menarik, produk yang tertata rapi, mendengarkan musik yang nyaman.Downloads
Published
2022-08-29
How to Cite
Negara, A. P. ., & Asyhari, A. (2022). Building Experiential Marketing And Experiential Religiosity In Increasing Trust, Customer Intimacy And Customer Loyalty At Muslim Clothing Fashion Store In Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5937–5948. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6418
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Angkasa Puspa Negara, Asyhari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









