Pengaruh Kecerdasan Spiritual Menggunakan Musik Instrumen Bernuansa Islami terhadap Kesuksessan Mahasiswa dalam Akademika Perkuliahan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6402Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan perbedaan kesuksesan mahasiswa melalui Spritual inttelegency dengan menggunakan terapi musik instrumen bernuansa islami. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh pengaruh kecerdasan spiritual islami (islami spritual inttelegency) menggunakan terapi musik instrumen bernuansa islami terhadap kesuksessan mahasiswa dalam akademika perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment Design menggunakan rancangan The Non Equivalent Control Group Design. Pemilihan subjek menggunakan metode purposive sampling. Jumlah subjek penelitian dua puluh orang. Penelitian ini dilaksanakan di program studi bimbingan dan konseling, Instrumen yang digunakan yaitu skala kesuksesan dengan model skala Likert. Data dianalisis menggunakan uji t (uji beda) menggunakan spss 20.00. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa skor pretest kelompok eksperimen 9 orang dengan kategori rendah dan kelompok kontrol 8 orang berada pada kategori rendah. Selanjutnya untuk uji hipotesis diperoleh hasil t hitung sebesar 22,383 dengan koefisien P-value sebesar 0,000. P-value lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan atau peningkatan peningkatan kesuksessan mahasiswa dalam akademika perkuliahan kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan berupa musik instrumentasi islami.Downloads
Published
2022-08-28
How to Cite
Yaksa, . R. A. (2022). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Menggunakan Musik Instrumen Bernuansa Islami terhadap Kesuksessan Mahasiswa dalam Akademika Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5824–5833. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6402
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rully Andi Yaksa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









