Perancangan Perbaikan Positioning Karleen Hijab Berdasarkan Perceptual Mapping dengan Menggunakan Metode Multidimensional Scaling (MDS) dan SWOT Analysis
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6393Abstract
Karleen Hijab adalah perusahaan fashion hijab yang berdiri sejak tahun 2017. Saat ini, Karleen Hijab memiliki beberapa gejala masalah. Gejala-gejala tersebut yaitu pendapatan yang fluktuatif pada bulan Januari-Oktober 2021, perbedaan pendapatan online lebih rendah dibandingkan dengan offline, tingkat heart share dan diferensiasi yang rendah pengguna brand fashion hijab terhadap Karleen Hijab, dan program komunikasi pemasaran yang kurang optimal. Dari gejala-gejala tersebut, memiliki empat alternatif solusi pada bagian place, product, promotion, dan brand. Dari empat alternatif solusi tersebut, Karleen Hijab akan melakukan perbaikan pada brand yaitu dengan melakukan perancangan strategi positioning untuk memperkuat daya saing dalam menghadapi persaingan. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah merancang strategi positioning brand Karleen Hijab dan mengoptimalkan sumber daya Karleen Hijab untuk menerapkan strategi positioning pada brand Karleen Hijab. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat di Indonesia yang menggunakan brand fashion hijab dan sampel yang digunakan untuk pengolahan data dalam penelitian ini adalah 200 orang. Berdasarkan hasil perceptual mapping, terdapat 3 wilayah persaingan, brand fashion Karleen Hijab berada di wilayah yang sama dengan brand fashion hijab Halwa dan menjadi pesaing utama brand fashion Karleen Hijab. Hasil penelitian ini berupa rancangan strategi perbaikan positioning pada atribut yang akan diperbaiki pada wilayah A persaingan Karleen Hijab dengan Lozy, wilayah B persaingan Karleen Hijab dengan Deenay, dan wilayah C persaingan Karleen Hijab dengan Halwa. Hal tersebut yang menjadi dasar pertimbangan Karleen Hijab untuk mencapai tujuan yang diinginkan.Downloads
Published
2022-08-28
How to Cite
Febrianti, G. A. ., Wulandari, S. ., & Sagita, B. H. (2022). Perancangan Perbaikan Positioning Karleen Hijab Berdasarkan Perceptual Mapping dengan Menggunakan Metode Multidimensional Scaling (MDS) dan SWOT Analysis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5756–5763. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6393
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ghina Atha Febrianti, Sari Wulandari, Boby Hera Sagita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).