Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Tahfidzul Qur’an Al Mujahidin Surakarta Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6379Abstract
Kompetensi Pedagogik merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam menerapkan kegiatan belajar mengajar. Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor luar maupun faktor dalam dari diri masing-masing siswa.oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti ingin mengukur apakah ada pengaruh antara kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang mana sampel yang dipilih oleh peneliti adalah 41 siswa kelas 5 Sekolah Dasar Tahfidzul Qur’an Al Mujahidin Surakarta. Teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah dengan penyebaran angket pada siswa kelas 5 dan dokumentasi yang menyertakan nilai rapot siswa kelas 5. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif deskriptif untuk menyampaikan hasil pengolahan data secara apa adanya. Untuk menguatkan penelitian ini maka peneliti menggunakan uji hipotesis dengan bantaun rumus product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru PAI dikategorikan sedang dengan presentase 0,73%. Sedangkan hasil penelitian tentang hasil belajar siswa kelas 5 dikategorikan sedang dengan presentase 0,82%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah adanya pengaruh yang positif antara kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa kelas 5 Seklolah Dasar Tahfidzul Qur’an Al Mujahidin Surakarta Tahun Pelajaran 2021/2022 namun tidak signifikan dengan dibuktikan uji hipotesis yang menggunakan rumus korelasi product moment dengan hasil 0,28. Sedangkan nilai tabel pada taraf signifikan 95% sebesar 0,308.Downloads
Published
2022-08-26
How to Cite
Sumiyati, . H. ., Hidayah, H. N. ., & Ulfah, Y. F. . (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Tahfidzul Qur’an Al Mujahidin Surakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5685–5696. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6379
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Hary Sumiyati, Hj. Nur Hidayah, Yetty Faridatul Ulfah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).