Analisis Kualitas Pelayanan (Service Quality) terhadap Loyalitas Konsumen Pada Rumah Makan Sop Konro Karebosi di Makassar

Authors

  • Zahra Ramadhani Universitas Negeri Makassar
  • Amiruddin Tawe Universitas Negeri Makassar
  • Ichwan Musa Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6371

Abstract

Untuk mencapai kualitas jasa yang harapkan salah satu faktor penting dalam usaha mencapai keunggulan bersaing adalah kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menguji pengaruh service quality terhadap loyalitas konsumen pada Rumah Makan Sop Konro Karebosi dan menggunakan dua variabel yang menjadi indikator untuk mengukur dan melihat keterkaitan antara service quality dengan kenaikan volume penjualan yakni variabel bebas atau variabel X (kualitas pelayanan) dan variabel terikat atau variabel Y (loyalitas konsumen). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan metode yang dipilih dalam penelitian merupakan metode survei, pengumpulan data didapatkan melalui penggunaan angket dalam bentuk pernyataan tertulis yang diiisi oleh responden dengan jawaban sebenarnya seperti kondisi di lapangan. Adapun populasi yang ada pada penelitian ini adalah seluruh konsumen di Rumah Makan Sop Konro Karebosi dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 5x indikator. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen pada Rumah Makan Sop Konro Karebosi Makassar.

Downloads

Published

2022-08-25

How to Cite

Ramadhani, Z. ., Tawe, A. ., & Musa, I. . (2022). Analisis Kualitas Pelayanan (Service Quality) terhadap Loyalitas Konsumen Pada Rumah Makan Sop Konro Karebosi di Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5609–5620. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6371