Analisis Kualitas Pelayanan (Service Quality) terhadap Loyalitas Konsumen Pada Rumah Makan Sop Konro Karebosi di Makassar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6371Abstract
Untuk mencapai kualitas jasa yang harapkan salah satu faktor penting dalam usaha mencapai keunggulan bersaing adalah kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menguji pengaruh service quality terhadap loyalitas konsumen pada Rumah Makan Sop Konro Karebosi dan menggunakan dua variabel yang menjadi indikator untuk mengukur dan melihat keterkaitan antara service quality dengan kenaikan volume penjualan yakni variabel bebas atau variabel X (kualitas pelayanan) dan variabel terikat atau variabel Y (loyalitas konsumen). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan metode yang dipilih dalam penelitian merupakan metode survei, pengumpulan data didapatkan melalui penggunaan angket dalam bentuk pernyataan tertulis yang diiisi oleh responden dengan jawaban sebenarnya seperti kondisi di lapangan. Adapun populasi yang ada pada penelitian ini adalah seluruh konsumen di Rumah Makan Sop Konro Karebosi dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 5x indikator. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen pada Rumah Makan Sop Konro Karebosi Makassar.Downloads
Published
2022-08-25
How to Cite
Ramadhani, Z. ., Tawe, A. ., & Musa, I. . (2022). Analisis Kualitas Pelayanan (Service Quality) terhadap Loyalitas Konsumen Pada Rumah Makan Sop Konro Karebosi di Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5609–5620. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6371
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Zahra Ramadhani, Amiruddin Tawe, Ichwan Musa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).