Manajemen Pembiayaan Pendidikan SMP Berbasis Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6369Abstract
Sekolah tidak lepas dari administrasi dari peserta didik untuk pelaksanaan operasional sekolah. Sehingga ada proses perencanaan manajemen pembiayaan untuk berjalannya proses pembelajaran dengan nyaman. Maka penelitian ini mendalami akan mengetahui manajemen pembiayaan pendidikan di SMP dengan berbasis pesantren, yakni SMP Ma’had Darussa’adah Cilongok Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengkaji fenomena yang terjadi dilapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Subjek Penelitian adalah Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, Bendahara dan Pengurus Pondok Pesantren Darussa’adah. Hasil penelitiannya menunjukan, 1) Manajemen pembiayaan di SMP Ma’had Darussa’adah meliputi Perencanaan, pelaksanaan dan Pengawasan; 2) Perencanaan pembayaran dilakukan dengan anggaran jangka 4 tahun (RKJM) dan 1 tahun (RKAS), pelaksanannya terdapat dua bendahara, satu bendahara komite yang mencatat keuangan bersumber dari Yayasan, Orang Tua Siswa, dan Donatur yang tidak mengikat. Satu bendahara yang mecatat keuangan bersumber dari dana BOS; 3) pengawasan pembiayaan pendidikan dilakukan secara berkala oleh Yayasan, kepala sekolah dan juga dari unsur dinas kabupaten dan dilakukan dalam bentuk laporan baik secara offline dan online (Dana BOS). Dari sinilah, Manajemen Pembiayaan di SMP Ma’had Darussa’adah dilakukan secara terpisah dengan pembiayaan di Pondok Pesantren meskipun berada dalam satu lingkungan, sehingga kegiatan pembiayaan dapat berjalan secara efektif. Meskipun demikian Yayasan tetap melakukan pengawasan terhadap SMP sebagai bentuk tanggungjawab.Downloads
Published
2022-08-26
How to Cite
Karomah, E. L. ., & Nurfuadi, N. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan SMP Berbasis Pesantren. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5597–5608. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6369
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Efriana Laela Karomah, Nurfuadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).