A Proposed Design For Flexible Learning Program Implementation: A Case Studdy At The English Letters Study Program

Authors

  • Sugeng Purwanto Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang
  • Liliek Soepriatmadji Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang
  • Katharina Rustipa Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6366

Abstract

Kajian kali ini bertujuan untuk melakukan analisis SWOT terkait pelaksanaan pembelajaran online pada semester genap 2020-2021 sebagai basis antisipatif platform pembelajaran yang fleksibel (Singkatnya Belajar Merdeka Belajar atau MBKM). Sebuah survei online menggunakan Google Form diberikan kepada lima dosen, yang mewakili satu mata kuliah untuk setiap dosen. Survei menunjukkan bahwa Program Studi Sastra Inggris Unisbank telah melakukan pendidikan online menggunakan Platform Moodle dengan cukup baik seperti yang dipersyaratkan oleh institusi dengan beberapa pembaruan dan peningkatan yang direkomendasikan. Untuk memenuhi syarat layanan pendidikan online total, Program Studi Sastra Inggris harus mengubah kelemahan menjadi kekuatan, dan ancaman menjadi peluang. Terkait dengan rancangan implementasi MBKM yang diusulkan, dimulai dengan input—mahasiswa menyelesaikan administrasi keuangan dan akademiknya, dilanjutkan dengan konsultasi dengan ketua program studi mengenai pilihan program MBKM. Setelah menyelesaikan program, nilai MBKM diubah menjadi transkrip akademik lokal (KHS), semua dengan SOP yang jelas. Temuan tentang kesiapan prodi terkait pelaksanaan program MKBM dibenarkan oleh Kepala Fakultas.

Downloads

Published

2022-08-26

How to Cite

Purwanto, S., Soepriatmadji, L. ., & Rustipa, K. . (2022). A Proposed Design For Flexible Learning Program Implementation: A Case Studdy At The English Letters Study Program. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5574–5581. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6366