Efektivitas Teknik Seft (Spiritual Emosional Freedom Technique) untuk Membangun Rasa Percaya Diri Siswa SMK melalui Layanan Penguasaan Konten
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6355Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik seft (spiritual emosional freedom technique) untuk membangun rasa percaya diri siswa SMK melalui layanan penguasaan konten. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pre exsperimental dessiggn, dengan pendekatan onegroup pretest dan posttest design, karena sesuai dengan tujuan yang akan dicapai yaitu untuk mengetahui perbedaan sokor kepercayaan diri siswa antara sebelum dan sesudah perlakuan materi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique). Hasil penelitian berupa kepercayaan diri merupakan bagian sangat penting ada pada diri seseorang termasuk siswa di sekolah, maka hendaknya dilakuakan upaya membantu siswa meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi. Materi SEFT (Spritual Emotional Freedom Technique) yang dilakukan melalui layanan penguasaan konten bisa menjadi salah satu alternatif yang dilakukan oleh seorang guru Bimbingan dan Konseling. Hal ini dapat terlihat pada Tabel 6 tentang perbedaan hasil pretest dan posttest angket kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen, dimana hasil prestest menunjukkan kepercayaan diri siswa kelompk eksperimen rendah.Downloads
Published
2022-08-25
How to Cite
Miskanik, . M., Purwaningsih, D. ., & Andriani, R. . (2022). Efektivitas Teknik Seft (Spiritual Emosional Freedom Technique) untuk Membangun Rasa Percaya Diri Siswa SMK melalui Layanan Penguasaan Konten. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5498–5506. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6355
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Miskanik, Dewi Purwaningsih, Riska Andriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









