Efektivitas Teknik Seft (Spiritual Emosional Freedom Technique) untuk Membangun Rasa Percaya Diri Siswa SMK melalui Layanan Penguasaan Konten

Authors

  • Miskanik Miskanik Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Dewi Purwaningsih Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Riska Andriani Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik seft (spiritual emosional freedom technique) untuk membangun rasa percaya diri siswa SMK melalui layanan penguasaan konten. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pre exsperimental dessiggn, dengan pendekatan onegroup pretest dan posttest design, karena sesuai dengan tujuan yang akan dicapai yaitu untuk mengetahui perbedaan sokor kepercayaan diri siswa antara sebelum dan sesudah perlakuan materi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique). Hasil penelitian berupa kepercayaan diri merupakan bagian sangat penting ada pada diri seseorang termasuk siswa di sekolah, maka hendaknya dilakuakan upaya membantu siswa meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi. Materi SEFT (Spritual Emotional Freedom Technique) yang dilakukan melalui layanan penguasaan konten bisa menjadi salah satu alternatif yang dilakukan oleh seorang guru Bimbingan dan Konseling. Hal ini dapat terlihat pada Tabel 6 tentang perbedaan hasil pretest dan posttest angket kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen, dimana hasil prestest menunjukkan kepercayaan diri siswa kelompk eksperimen rendah.

Downloads

Published

2022-08-25

How to Cite

Miskanik, . M., Purwaningsih, D. ., & Andriani, R. . (2022). Efektivitas Teknik Seft (Spiritual Emosional Freedom Technique) untuk Membangun Rasa Percaya Diri Siswa SMK melalui Layanan Penguasaan Konten. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5498–5506. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6355