Analisis Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK

Authors

  • Mulyani Mulyani Universitas Pancasakti Tegal
  • Hastin Budisiwi Universitas Pancasakti Tegal
  • Sukoco KW Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6351

Abstract

Belajar merupakan proses penting bagi siswa untuk meningkatkan prestasinya dalam suatu pembelajaran.Demikian juga bimbingan belajar  sangat diperlukan sebagai bentuk cara dalam memberikan motivasi kepada siswa sehingga dengan adanya bimbingan belajar aka nada progres dari hasil bimbingan yang dilakukan oleh tenaga pendidik.Adapun permasalahan yang dialami siswa adalah adanya prestasi yang kurang dari hasil belajanya.Berangkat dari hal terbut maka perlu adanya pemecahan permaslahan yaitu dengan adanya  bimbingan belajar pada siswa SMK YPT Kota Tegal.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan analisis bimbingan belajar untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMK YPT Kota Tegal.Kajian teori dalam penelitian ini adalah yang berkaitan dengan bimbingan belajar.Metode yang digunakan dalam penelian ini adalah metode kualitatif. Berdasarkan hasil analisis bahwa sebanyak 27 siswa yang mengalamiiii kenaikan prestasi belajar dari total siswa 45 ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMK YPT Kota Tegal. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatakan dengan adanya bimbingan belajar dengan ditunjukkan adanya kenaikan sejumlah 27 siswa yg prestasinya mengalami kenaikan.

Downloads

Published

2022-08-25

How to Cite

Mulyani, M., Budisiwi, H. ., & KW, S. . (2022). Analisis Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5493–5497. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6351