Analisis Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6351Abstract
Belajar merupakan proses penting bagi siswa untuk meningkatkan prestasinya dalam suatu pembelajaran.Demikian juga bimbingan belajar sangat diperlukan sebagai bentuk cara dalam memberikan motivasi kepada siswa sehingga dengan adanya bimbingan belajar aka nada progres dari hasil bimbingan yang dilakukan oleh tenaga pendidik.Adapun permasalahan yang dialami siswa adalah adanya prestasi yang kurang dari hasil belajanya.Berangkat dari hal terbut maka perlu adanya pemecahan permaslahan yaitu dengan adanya bimbingan belajar pada siswa SMK YPT Kota Tegal.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan analisis bimbingan belajar untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMK YPT Kota Tegal.Kajian teori dalam penelitian ini adalah yang berkaitan dengan bimbingan belajar.Metode yang digunakan dalam penelian ini adalah metode kualitatif. Berdasarkan hasil analisis bahwa sebanyak 27 siswa yang mengalamiiii kenaikan prestasi belajar dari total siswa 45 ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMK YPT Kota Tegal. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatakan dengan adanya bimbingan belajar dengan ditunjukkan adanya kenaikan sejumlah 27 siswa yg prestasinya mengalami kenaikan.Downloads
Published
2022-08-25
How to Cite
Mulyani, M., Budisiwi, H. ., & KW, S. . (2022). Analisis Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5493–5497. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6351
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mulyani, Hastin Budisiwi, Sukoco KW
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).