Pemanfaatan Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Daring dengan Model Discovery Learning Tema 5 Pahlawanku pada Peserta Didik Kelas IV SDN 3 Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6330Abstract
Google Meet merupakan aplikasi platform yang sangat cocok digunakan untuk pembelajaran daring maupun rapat online dengan durasi yang cukup lama.Discovery Learning dapat melatih peserta didik yang pasif menjadi aktif karena pada model pembelajaran ini lebih menekankan pada pengalaman belajar peserta didik secara langsung dan mengutamakan proses daripada hasil belajar peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Google Meet sebagai media pembelajaran daring dengan model Discovery Learning tema 5 pahlawanku pada peserta didik kelas IV SDN 3 Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Peneltian dilaksanakan di SDN 3 Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung. Subjek pada penelitian yakni guru dan peserta didik kelas IV dengan jumlah 14. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket.Hasil penelitian ini dapat dilihat dari hasil observasi yang mendapat skor 69% dengan kategori respon yang baik, hasil wawancara guru yang menunjukkan bahwa Google Meet sudah baik digunakan saat pembelajarn daring dengan model Discovery Learning, danhasil angket peserta didik mendapat skor 78% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Google Meet dapat membantu guru maupun peserta didik selama proses belajar mengajar secara daring. Melalui Google Meet dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning tema 5 pahlawanku subtema 1 perjuangan para pahlawan pembelajaran 1 pada peserta didik kelas IV dapat menumbuhkan motivasi belajar dan keaktifan peserta didik saat berdiskusi bersama maupun selama proses pembelajaran berlangsung. Kata Kunci: discovery learning, google meet, media pembelajaran.Downloads
Published
2022-08-25
How to Cite
Nurjannah, P., & Yasip, Y. (2022). Pemanfaatan Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Daring dengan Model Discovery Learning Tema 5 Pahlawanku pada Peserta Didik Kelas IV SDN 3 Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5343–5353. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6330
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Prinka Nurjannah, Yasip Yasip

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









