Analisis Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Media Video Animasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Wonorejo

Authors

  • Sri Jaka Pramanda Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Frita Devi Asriyanti Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6301

Abstract

Pembelajaran biasanya terjadi dalam situasi formal yang secara sengaja di programkan oleh guru dalam usahanya mentransfer ilmu kepada peserta didik, berdasarkan kurikulum dan tujuan yang hendak dicapai. Media pembelajaran berperan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa, contohnya yaitu dengan media video. Media video dapat membuat minat belajar meningkat terutama dengan adanya materi pembelajaran berupa video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa melalui pembelajaran berbasis media video animasi pada siswa kelas V SDN 2 Wonorejo. Penelitian ini menggunakan metode secara kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Wonorejo, subyek peneletian adalah siswa kelas V sebanyak 11 siswa. Data dikumpulkan dengan wawancara kemudian dianalisis dan disimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa minat belajar siswa tergolong sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi minat belajar siswa yang sesuai dengan 5 indikator minat belajar siswa yang mana  dari indikator tersebut yaitu adanya perasaan senang terhadap objek dan adanya perhatian, perasaan dan pikiran dari subjek terhadap objek karena adanya ketertarikan yang tinggi sehingga siswa ikut berpartisipasi dan merasa puas saat pembelajaran. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi tenaga pendidik sebagai landasan program dalam menambah penyampaian materi dalam pembelajaran untuk siswa. Kata Kunci: media pembelajaran, minat belajar, video animasi.

Downloads

Published

2022-08-24

How to Cite

Pramanda, . S. J. ., & Asriyanti, F. D. . (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Media Video Animasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Wonorejo . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5221–5228. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6301