Analisis Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Media Video Animasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Wonorejo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6301Abstract
Pembelajaran biasanya terjadi dalam situasi formal yang secara sengaja di programkan oleh guru dalam usahanya mentransfer ilmu kepada peserta didik, berdasarkan kurikulum dan tujuan yang hendak dicapai. Media pembelajaran berperan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa, contohnya yaitu dengan media video. Media video dapat membuat minat belajar meningkat terutama dengan adanya materi pembelajaran berupa video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa melalui pembelajaran berbasis media video animasi pada siswa kelas V SDN 2 Wonorejo. Penelitian ini menggunakan metode secara kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Wonorejo, subyek peneletian adalah siswa kelas V sebanyak 11 siswa. Data dikumpulkan dengan wawancara kemudian dianalisis dan disimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa minat belajar siswa tergolong sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi minat belajar siswa yang sesuai dengan 5 indikator minat belajar siswa yang mana dari indikator tersebut yaitu adanya perasaan senang terhadap objek dan adanya perhatian, perasaan dan pikiran dari subjek terhadap objek karena adanya ketertarikan yang tinggi sehingga siswa ikut berpartisipasi dan merasa puas saat pembelajaran. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi tenaga pendidik sebagai landasan program dalam menambah penyampaian materi dalam pembelajaran untuk siswa. Kata Kunci: media pembelajaran, minat belajar, video animasi.Downloads
Published
2022-08-24
How to Cite
Pramanda, . S. J. ., & Asriyanti, F. D. . (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Media Video Animasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Wonorejo . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5221–5228. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6301
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sri Jaka Pramanda, Frita Devi Asriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).