Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Mathematical Modelling Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Efficcay Siswa

Authors

  • Ita Yusritawati Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa. Metode penelitiannya berupa penelitian kuasi eksperimen menggunakan desain pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Kadugede, adapun samplenya adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol, siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Tes yang digunakan berupa tes tipe uraian sebanyak 6 soal. Non tes yang digunakan berupa angket skala Self Efficacy mengenai kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui Mathematical Modelling. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1). Kemampuan komunikasi matematis dan Self Efficacy antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui Mathematical Modelling lebih baik daripada yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2). Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan Self Efficacy siswa. 

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Yusritawati, . I. . (2022). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Mathematical Modelling Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Efficcay Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4954–4962. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6262